Yayasan AHM mempromosikan keselamatan berkendara di kalangan anak sekolah melalui wisata edukasi - WisataHits
Yogyakarta

Yayasan AHM mempromosikan keselamatan berkendara di kalangan anak sekolah melalui wisata edukasi

Yayasan AHM mempromosikan keselamatan berkendara di kalangan anak sekolah melalui wisata edukasi

Yayasan AHM dalam pendidikan keselamatan berkendara untuk anak sekolah | Lampungpro.co/TDM Dok

BEKASI (Lampspro.co): Yayasan Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen mensosialisasikan berkendara yang aman di kalangan pelajar SMA dalam wisata edukasi satu hati di Astra Honda Safety Riding Lab, Rabu (19/10/2022). Program ini menghadirkan keseruan sambil belajar mengemudi dengan aman serta menambah pengetahuan dan keterampilan bersepeda motor.

AHM Foundation mengundang sejumlah perwakilan media untuk berpartisipasi dalam peluncuran One Heart Educational Tour dengan pendekatan pembelajaran One Heart Learning Groups. Edukasi dikemas secara unik dan menarik, melalui berbagai program seperti program mahasiswa, yang dinilai melalui rapor hasil tes pemahaman keselamatan berkendara.

Semua materi pembelajaran diberikan langsung oleh Safety Riding Ambassador sekolah yang dilatih oleh AHM. Para peserta ditantang untuk menguji pengetahuan etika berlalu lintas, menguasai berbagai kondisi jalan dengan aman melalui simulator mengemudi Honda Riding Trainer (HRT) dan menunjukkan keterampilan mengemudi mereka melalui berbagai rintangan.

Di akhir sesi, peserta menerima hasil penilaian pemahaman mereka tentang berkendara yang aman sebagai panduan untuk lebih meningkatkan kompetensinya. Safety Riding Lab Astra Honda memiliki tiga zona yaitu zona audiovisual, zona simulasi dan zona latihan.

Sambil belajar tentang etika berlalu lintas di zona audio visual, peserta membahas berbagai pengetahuan keselamatan berkendara melalui video singkat keselamatan berkendara. Ini merupakan simulasi dari beberapa kondisi berkendara di jalan raya, sehingga diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk menganalisis dan mendiskusikan potensi masalah jalan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Honda Riding Trainer di zona simulasi. Para peserta berkesempatan mencoba simulasi berkendara dengan berbagai jenis sepeda motor di berbagai kondisi jalan.

Setelah menguasai teori dan melakukan simulasi, para peserta diajak mengendarai sepeda motor di zona latihan yang dilengkapi dengan berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas. Di zona ini, para peserta menghadapi berbagai tantangan berkendara seperti menikung dengan membentuk angka 8, tantangan mengemudi di tengah rintangan di sisi kanan dan kiri jalan, dan juga tantangan menjaga keseimbangan di jalur khusus jalan. waktu yang ditentukan.

Ketua AHM Foundation Ahmad Muhibbuddin mengatakan pihaknya berharap kesadaran berkendara dapat terus tercermin di masyarakat melalui berbagai cara yang menyenangkan dan saluran yang efektif. Pendekatan pedagogis digulirkan menurut metode yang paling menarik bagi setiap elemen masyarakat.

“Salah satunya adalah pendekatan entertainment education yang digunakan untuk mendidik generasi muda tentang keselamatan berkendara. Kami ingin terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi, untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara karena itu adalah hal yang disayangi orang lain,” ujar Ahmad Muhibbuddin.

AHM berharap pendidikan yang dikemas secara menyenangkan dalam perjalanan pendidikan satu hati ini dapat diterima dengan baik dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Astra Honda Safety Riding Lab merupakan salah satu program kampanye keselamatan berkendara berkelanjutan yang dibuat oleh AHM Foundation.

Kampanye ini dimulai pada tahun 2012 sebagai bagian dari program Sahabat Satu Hati untuk berbagi pengetahuan mengemudi di sekolah yang berbeda, yang menjadikan siswa terlahir sebagai duta mengemudi yang aman. Acara dilanjutkan dengan Safety Riding Camp 2016, dimana para Duta Safety Riding dilatih blogging dan fotografi sebagai media kampanye.

Pada tahun 2020, Yayasan AHM juga membangun Taman Lalu Lintas Anak (TTLA) di Desa Kalihurip, Jawa Barat sebagai sarana untuk memberikan edukasi berkendara yang aman sejak dini. Materi ajar disiapkan untuk anak usia 4 sampai 9 tahun dengan materi pengenalan rambu lalu lintas dan lampu lalu lintas.

Kemudian gunakan perlengkapan berkendara yang tepat dan kelebihannya, berlatih bersepeda di lintasan atau lintasan, perhatikan rambu-rambu dan menyeberang dengan aman. AHM Foundation juga mengembangkan Traffic Ethics Zone sebagai salah satu taman bermain anak di Taman Pintar, Yogyakarta.

Kegiatan Wisata Edukasi Satu Hati yang pertama kali dilakukan oleh SMK Mitra Industri ini juga terbuka bagi siswa dari berbagai sekolah yang tertarik untuk belajar tentang keselamatan berkendara di sekolah yang berfasilitas lengkap seperti Astra Honda Safety Riding Lab. SMK Mitra Industri merupakan salah satu sekolah binaan AHM yang merupakan bagian dari Sekolah Satu Hati yang memiliki fasilitas yang mumpuni sebagai bagian dari program ekstrakurikuler sekolah tersebut.

Di bidang keselamatan berkendara, sekolah ini merupakan sekolah sponsor pertama yang memiliki Astra Honda Safety Riding Lab yang dilengkapi dengan simulator Honda Riding Trainer, area latihan, lab audiovisual, serta Safety Riding Ambassador yang terdiri dari para tenaga terlatih. siswa dan instruktur terdiri dari Astra Honda Safety Riding Instructor. Selain itu, sejak tahun 2014, SMK Mitra Industri juga menjadi salah satu Sekolah Teknik Sepeda Motor dan Bisnis Astra Honda.

Dengan dukungan dari AHM Foundation, sekolah ini mampu menjadi Sekolah Budaya Lingkungan Adiwiyata yang dilengkapi dengan Hydroponic Learning Center dan meraih Juara 1 Tingkat Asia Tenggara 2018 pada ajang South East Asian Ministers of Education Organization. Sekolah ini mengembangkan seni Angklung, Situs Warisan Dunia, sejak tahun 2016 bekerja sama dengan AHM Foundation. Grup musik angklung sekolah ini sudah beberapa kali tampil di event-event tingkat nasional, termasuk beberapa event grup Astra. (***)

editor : Febri Ariano

> #AHM#TDM#AHASS#Honda#Keselamatan Berkendara#Magang#Mahasiswa

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button