Wow! Ornamen Apem Sewu di Pintu Air Demangan Solo Hilang Dicuri – Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Wow! Ornamen Apem Sewu di Pintu Air Demangan Solo Hilang Dicuri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Dua anak bermain dan menikmati suasana di Pintu Air Demangan Baru, Desa Sewu, Jebres, Solo, Rabu (28/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Penguatan taman dan lereng (revetment) di Kunci Demangan baru di Kecamatan Sewu, Jebres, Solo dijadwalkan selesai akhir tahun ini dan dibuka pada Januari 2023. Hamparan ini akan terbentang dari gembok Demangan yang baru sampai dengan gembok Demangan yang lama.

Selain itu, beberapa bagian ornamen pagar dan tugu Apem Sewu di sekitar Pintu Air Demangan diganti karena dicuri. Namun, penggantian ini kecil dan dapat dilakukan dengan cepat.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai Pantai 3 Bengawan Solo, Isnaeni M Hartanto menyatakan target pembangunan Pintu Air Demangan akan selesai pada akhir tahun ini dan diharapkan dapat beroperasi pada Januari 2023.

“Pada akhir tahun ini semua yang ada di taman dan revetment akan siap. Insya Allah Januari 2023 sudah bisa digunakan. Tanggul tersebut nantinya akan menghubungkan gapura baru Demangan dengan gapura lama Demangan di Solo. Nanti akan ada jogging track sepanjang 350 meter,” jelas Isnaeni Solopos.comSelasa (27/12/2022).

Isnaeni menambahkan, perbaikan tambahan dilakukan khusus tugu peringatan Apem Sewu karena sebagian ornamennya telah dicuri. “Sebenarnya sudah selesai, tapi perlu diperbaiki karena ada perhiasan yang dicuri,” keluh Isnaeni.

Pintu Air Demangan Solo yang baru bertujuan tidak hanya sebagai sarana pengendalian banjir tetapi juga sebagai tempat wisata dengan taman yang asri dan jalur jogging. Untuk penahan banjir, pintu air yang dibangun dengan total anggaran Rp 112 miliar ini dilengkapi dengan enam pintu yang masing-masing berkapasitas 70 meter kubik per detik.

Taman dengan tempat duduk dan jalur joging telah disiapkan untuk tur. Taman ini diharapkan menjadi wadah interaksi dengan masyarakat sekitar sekaligus menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin melihat Sungai Bengawan Solo dari dekat.

Pembuatan kunci demangan baru untuk menggantikan kunci demangan yang lama. Proyek tersebut dikerjakan Kementerian PUPR dalam dua tahap pengerjaan sejak 2019, yakni tahap pertama dengan anggaran sekitar Rp41,7 miliar dan tahap kedua sekitar Rp71 miliar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button