Wow! Diperkirakan 7,8 Juta Orang Datang ke Yogyakarta Selama Liburan Nataru - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Wow! Diperkirakan 7,8 Juta Orang Datang ke Yogyakarta Selama Liburan Nataru – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Wisatawan berduyun-duyun ke Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta pada Rabu (5/4/2022). Dinas Pariwisata Bantul mencatat, pada Lebaran hari kedua (3/5) tak kurang dari 24.170 pengunjung mengunjungi Pantai Parangtritis. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/tom.

Solopos.com, JOGJA — Hingga 7,8 juta orang diperkirakan akan memasuki Daerah Istimewa Yogyakarta selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Masyarakat diimbau mewaspadai sejumlah ruas jalan yang rawan kemacetan dan longsor.

“Pada awal pemungutan suara dengan pemerintah pusat, diperkirakan sekitar 7,8 juta orang akan memasuki pasar perbaikan rumah selama liburan Nataru. Ada 60,6 juta orang di seluruh negeri,” kata Kepala Dinas Angkutan Bedah Rumah, Ni Made Dwipanti Indrayanti, Rabu (14/12/2022).

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Ia mengatakan perkiraan itu berdasarkan perhitungan 5 juta orang di luar DIY dan 3,7 juta orang dari DIY dan 0,9 juta orang berasal dari DIY. Dengan perhitungan tersebut, diperkirakan sekitar 7,8 juta orang akan berada di ruang DIY selama liburan Nataru tahun ini.

Mengenai kepadatan yang ditimbulkan, ia menyampaikan bahwa pada hari libur Nataru, teknik arus lalu lintas akan menyesuaikan dengan kondisi setempat. Aksi ini dilakukan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Made mengatakan, saat terjadi kepadatan lalu lintas yang berlebihan di suatu jalur, tekniknya dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengalihan jalur lalu lintas hingga pengaturan lampu lalu lintas di persimpangan.

Baca Juga: Puncak Widosari, Permata Tersembunyi di Kulonprogo, Ini Rute dan Fasilitasnya

“Sekarang kami sedang mempersiapkan antisipasi karena banyak orang yang masuk ke pasar perbaikan rumah,” ujarnya.

Made menjelaskan, beberapa hal yang harus diwaspadai antara lain kondisi Jembatan Glagah yang beberapa waktu lalu sempat rusak. Kemungkinan pengalihan arus dilakukan.

Di sebelah tempat ini, lanjutnya, terdapat Pusat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis yang biasanya ramai saat hari raya Nataru. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan yang ingin pergi ke tempat wisata ini.

“Salah satu harapan kami adalah difungsikannya jembatan Kretek II untuk diterjunkan, namun sejauh ini masih dalam tahap koordinasi, belum ada keputusan,” ujarnya.

Baca juga: Pencuri Ditangkap di Plaza Malioboro, Ada Remaja Putri dan Kakek Nenek

Diharapkan Jembatan Kretek II menjadi salah satu ruas yang mampu mengganggu arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan kendaraan di kawasan Parangtritis. “Karena ini jalan nasional, Bantul sudah minta izin ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Pemda DIY juga menghadapi kemungkinan kemacetan di jalur Piyungan-Patuk yang beberapa waktu lalu sempat jebol. Rute ini telah diperbaiki untuk dapat dilalui selama Hari Libur Nataru. Dia berharap, struktur yang akan dibangun kokoh dan mampu menahan beban yang diperkirakan meningkat.

Petugas akan memberikan berbagai informasi jalur alternatif ke Gunungkidul agar beban tidak menumpuk di Piyungan-Patuk. Kendaraan yang menuju Gunungkidul bisa melewati JJLS Bantul atau Semin.

“Kami mengusahakan agar pengendara atau wisatawan dapat menggunakan jalur alternatif agar beban tidak menumpuk di Piyungan Patuk,” ujarnya.

Berita ini dimuat di Harianjogja.com bertajuk 7,8 juta orang masuk Jogja saat liburan akhir tahun. Ini adalah jalur kemacetan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button