Wow! Dalam 6 bulan, bisnis halal RI raih omzet 9,4 T Rp - WisataHits
Jawa Timur

Wow! Dalam 6 bulan, bisnis halal RI raih omzet 9,4 T Rp

Jakarta, CNBC Indonesia – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan bahwa bisnis ekonomi halal atau syariah di Indonesia telah mencatatkan omzet atau keuntungan sebesar Rp9,43 triliun sejak April 2022 hingga saat ini.

Pendapatan tersebut dihasilkan dari Festival Ekonomi Keuangan Syariah (FESyar) yang diselenggarakan sebanyak tiga kali di tingkat daerah, yaitu di wilayah timur Indonesia yang dipusatkan di Sulawesi Selatan, di wilayah Sumatera di Aceh dan di wilayah Jawa di Jawa Timur.

“Rangkaian kegiatan FESyar ini diikuti lebih dari 372.9.000 peserta. Alhamdulillah omzet usahanya mencapai Rp9,43 triliun termasuk hasil lelang wakaf yang produktif,” kata Perry saat membuka Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (10/6/2022).

Implementasi ISEF tahun ini merupakan inisiatif BI dan pemerintah untuk melaksanakan amanat Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Perry mengatakan ekonomi dan keuangan Islam di Indonesia terus membuat langkah signifikan. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu pemain utama di kancah global saat ini.

“Indonesia saat ini menempati peringkat ke-4 ekonomi syariah global secara keseluruhan, peringkat ke-2 untuk makanan halal dan peringkat ke-3 untuk busana muslim,” kata Perry.

Adapun Perry, kegiatan ISEF ke-9 tahun ini memiliki tiga tema utama. Pertama, inklusi ekonomi, gaya hidup halal dan hijau serta digitalisasi.

Penyelenggaraan ISEF sendiri, kata Perry, merupakan kegiatan yang bertaraf nasional dan internasional namun tetap diminati, berlangsung selama seminggu mulai 5-9 Oktober 2022.

Beberapa kegiatan dalam ISEF 2022 antara lain Mukernas HEBITREN, Halal Certification Extension, Halal Lifestyle INHALIFE, International Hajj Conference hingga International Tourism Forums.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Perry menambahkan, acara ISEF tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini ISEF bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan Indonesia International Modest Fashion Festival (In2Motion Fest) sebagai ajang referensi dunia fashion sederhana.

“Kami akan menjadikan In2Motion Fest yang dibuka sore ini sebagai festival mode sederhana internasional terbesar. Dengan menampilkan 163 desainer yang menghasilkan 1.256 karya Modest Fashion,” jelas Perry.

[Gambas:Video CNBC]

(Tutup/Mij)

Source: www.cnbcindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button