Wow! Area dekat Area Perkemahan Pendakian Gunung Kilimanjaro Terbakar - WisataHits
Jawa Barat

Wow! Area dekat Area Perkemahan Pendakian Gunung Kilimanjaro Terbakar

Beberapa wilayah Kilimanjaro telah terbakar sejak Jumat (21 Oktober). Video yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa api berkobar tidak jauh dari sebuah kamp pendakian.

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kebakaran terjadi pada Jumat (21 Oktober) di gunung tertinggi Afrika di dekat kamp pendakian Kilimanjaro di ketinggian sekitar 4.000 meter.

Beberapa wilayah Kilimanjaro telah terbakar sejak Jumat (21 Oktober). Video yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa api berkobar tidak jauh dari sebuah kamp pendakian.

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Afrika dengan ketinggian kurang lebih 5.895 meter di atas permukaan laut dan terletak di Tanzania, Afrika Timur.

BACA JUGA: Tempat Karaoke di Bogor Kebakaran, Diduga Korsleting Listrik…

mulai air raksa, kebakaran terjadi di dekat kamp Karanga di ketinggian sekitar 3.900 meter di atas permukaan laut. Setelah api terdeteksi, layanan darurat segera mulai mempersiapkan pekerjaan pemadaman, kata petugas konservasi alam setempat.

Ratusan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api. Sekitar 320 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk mencoba menjinakkan api.

Awan tebal dan asap, serta angin kencang, membuat operasi menjadi sulit. Api dengan cepat menyebar luas karena tanaman kering dan mudah terbakar tumbuh di ketinggian itu, kata otoritas taman Tanzania, Sabtu.

Api dengan cepat menyebar ke arah tegalan. Beberapa pemandu wisata dikatakan telah berusaha memadamkan api dengan dedaunan.

Kebakaran di dekat kamp pendakian Gunung Kilimanjaro di Tanzania.  Foto: Getty Images

BACA JUGA: Meneliti Penyebab Orang Tua Korban Cidera Putus dari Otopsi

Sejauh ini tidak ada bukti cedera atau kematian akibat bencana tersebut.

Penyebab kebakaran masih belum jelas. Pemandu wisata dari jalur Mweka (tempat terjadinya kebakaran) mengkonfirmasi kebakaran tersebut kepada media online The Citizen.

Kilimanjaro adalah tujuan wisata yang sangat populer. Gunung dapat didaki dalam tur multi-hari. Sekitar 50.000 orang melakukan perjalanan ke puncak Kilimanjaro setiap tahun.

Sebelumnya, pada tahun 2020 juga terjadi kebakaran di Kilimanjaro. Saat itu, sekitar 50 kilometer persegi hutan pegunungan terbakar. Penduduk setempat dan pegawai administrasi taman Tanzania berhasil memadamkan api beberapa hari kemudian. Masih harus dilihat kapan api di Kilimanjaro bisa dipadamkan kali ini.(jrm1/lal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button