Wonderia Semarang yang pernah diresmikan SBY, kini seperti kota hantu - WisataHits
Jawa Tengah

Wonderia Semarang yang pernah diresmikan SBY, kini seperti kota hantu

semarang

Wonderia Park Semarang sempat menjadi tempat wisata yang populer di tahun 2000-an. Sayangnya, taman bermain itu sekarang sangat sepi.

Semarang Wonderia Park pernah menjadi primadona bagi warga Semarang dan sekitarnya untuk berlibur. Lokasi Wonderia di Jalan Sriwijaya 29 sangat strategis.

Terdengar banyak tawa dari anak-anak, kini kondisi Wonderia sudah muram. Tempat wisata ini resmi ditutup pada 2017 dan kini terbengkalai.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Lantas apa yang terjadi dengan Wonderia yang akhirnya tutup permanen?

Menurut catatan detik.comWonderia dimulai pada Juni 2004. Saat itu, Wonderia bisa dikatakan sebagai proyek ambisius karena nilainya mencapai Rp 30 miliar. Wonderia dikelola oleh pihak swasta yaitu PT SMART yang membayarkan royalti kepada Pemkot Semarang.

Setidaknya ada 16 wahana di Wonderia. Beberapa yang paling terkenal adalah Typhoon, Carousel, Airplane Tower dan Haunted House.

Saat dibuka, Wonderia sering disebut sebagai Dufan Semarang. Menurut catatan berbagai sumber, tempat wisata ini memang bergengsi. Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dikabarkan turut meresmikan tempat wisata ini.

Hanya saja ketenaran Wonderia tidak bertahan lama. Tragedi kecelakaan itu menyebabkan reputasi Wonderia merosot.

Tepatnya pada Kamis, 15 November 2007, terjadi kecelakaan saat terbang di menara pesawat atau balon udara. Dalam kecelakaan ini, 16 orang terluka dan bahkan dirawat di rumah sakit.

Menurut hasil penyelidikan, kendaraan tersebut mengalami kecelakaan karena bagian-bagiannya rusak. Polisi kemudian menetapkan tiga pengemudi sebagai tersangka.

Tapi dari pencarian detik.comjuga pernah terjadi kecelakaan pada kendaraan yang sama pada bulan Februari 2006. Saat itu, 11 orang mengalami luka-luka, dimana 2 korban mengalami patah tulang dan patah tulang belakang.

Kejadian ini mengakibatkan Wonderia ditutup sementara. Wonderia dibuka kembali pada tahun 2008-2017, namun suasananya tidak seramai saat pertama kali dibuka.

Kondisi keuangan yang memburuk membuat Pemerintah Kota Semarang menutup Wonderia pada Februari 2017. PT SMART dilaporkan tidak mampu membayar royalti hingga $3,1 miliar

Pasca penutupan, kondisi Wonderia mengkhawatirkan. Bangunan dibiarkan berdiri dan ditumbuhi rumput liar. Sejumlah Youtuber seperti The Story of the Land of Java dan Billy Christian sempat datang ke sana dan memperlihatkan suasana horor.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, justru menawarkan eks Wonderia itu kepada investor pada 2019. Pasalnya, lahan seluas 9 hektar tersebut dinilai memiliki potensi wisata. Namun hingga saat ini tawaran tersebut belum ditindaklanjuti.

Tonton Video Viral Siswa SMP Bantu Amankan Bus yang Terbakar dengan Hadiah Polisi
[Gambas:Video 20detik]
(pena/wsw)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button