WNI boleh jalan-jalan lagi, Indonesia promosikan pariwisata - WisataHits
Jawa Barat

WNI boleh jalan-jalan lagi, Indonesia promosikan pariwisata

TEMPO.CO, jakarta – Telah dibuka akses bagi warga negara China yang ingin pergi ke luar negeri. Kebijakan ini juga ditempuh oleh Indonesia yang menggalakkan sejumlah destinasi wisata untuk dikunjungi wisatawan China.

Dalam pertemuan dengan tim media China di Beijing pada Rabu malam, 12 Oktober, Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun mengumumkan pembukaan kembali tempat wisata Bintan, Batam dan Bali untuk turis asing termasuk dari China. “Kunjungan wisatawan Indonesia telah dibuka kembali di Bintan, Batam dan Bali seiring dengan penurunan kasus positif Covid-19,” katanya.

Pembukaan kawasan wisata unggulan tersebut telah dilakukan sejak Februari 2022. Meski sudah dibuka dan Covid-19 turun, wisatawan di Indonesia harus mematuhi sejumlah aturan, termasuk wisatawan asing yang harus menggunakan aplikasi PeduliLindend.

“Mulai 18 Mei 2022, tes cepat dan tes PCR tidak wajib di negara asal sebelum keberangkatan. Mulai 31 Agustus 2022, karantina mandiri tidak lagi diwajibkan,” kata Djauhari.

Wisatawan yang hanya menerima dua dosis vaksin Covid-19 dapat masuk ke Indonesia dengan menunjukkan sertifikat dan kartu vaksinasi. Indonesia juga telah memberlakukan kembali kebijakan bebas visa, termasuk untuk China.

Pihak berwenang Tiongkok sebelumnya memberi warganya kemampuan untuk bepergian ke luar negeri, kecuali Taiwan. Pedoman terbaru sejak merebaknya pandemi Covid-19 itu dikeluarkan setelah Dewan Negara China menyetujui beberapa investor asing yang melakukan perjalanan wisata di Shanghai dan Chongqing untuk menjual paket perjalanan ke luar negeri.

Kebijakan pembatasan untuk beberapa agen perjalanan di Shanghai dan Chongqing masih dalam tahap uji coba, yang berlangsung mulai 8 Oktober 2022 hingga 8 April 2024.

Sebelum pandemi Covid-19, China menjadi penyumbang terbesar jumlah kunjungan wisman ke Indonesia, khususnya Bali. Selain itu, banyak maskapai internasional kini kembali menawarkan penerbangan ke Pulau Dewata.

Baca juga: Negara-negara ini telah mencabut aturan perjalanan Covid-19

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button