WNA kini dapat langsung mengajukan visa kunjungan dan perpanjangan di website Imigrasi Molina - Hello Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

WNA kini dapat langsung mengajukan visa kunjungan dan perpanjangan di website Imigrasi Molina – Hello Semarang

WNA kini dapat langsung mengajukan visa kunjungan dan perpanjangan di website Imigrasi Molina – Hello Semarang

HALO JAKARTA – Warga negara asing (WNA) dapat mengajukan visa turis dan visa kunjungan pra investasi mulai Kamis, 26 Januari 2023 di molina.imigrasi.go.id. Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Imigrasi Indonesia yang diperingati sebagai Hari Bhakti Keimigrasian (HBI) – Pada tanggal 73, Ditjen Imigrasi meluncurkan layanan baru ini dengan metode pembayaran online.

“Selain mengajukan visa kunjungan untuk pariwisata dan pra investasi, WNA juga dapat memperpanjang visa elektronik saat kedatangan (e-VOA) melalui website Foreigner Traffic Module (Molina). Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit atau debit dalam jaringan Visa, Mastercard atau JCB. Hal ini memungkinkan orang asing untuk mengisi aplikasi visa mereka sekaligus. Ini merupakan salah satu bentuk digitalisasi pelayanan publik yang sedang digalakkan oleh Ditjen Imigrasi,” kata Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Kamis (26/01/2023).

Sebelumnya, turis asing dengan e-VOA harus datang ke kantor imigrasi untuk mengajukan perpanjangan. Dengan adanya layanan baru ini, wisatawan mancanegara dapat menikmati waktu liburannya dengan lebih nyaman, karena dapat melakukan segala hal dimana saja dan kapan saja, hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet.

“Orang asing dapat mengajukan visa kunjungan untuk pariwisata dan pra investasi tanpa perlu penjamin (sponsor). Layanan ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan investasi. Imigrasi memudahkan pebisnis global dan investor internasional untuk menyaring dan mempelajari potensi investasi sebelum berinvestasi di Indonesia,” lanjut Silmy.

Untuk mengajukan visa kunjungan turis, visa kunjungan pra-investasi, atau e-VOA, orang asing harus mendaftarkan akun di molina.imigrasi.go.id. Setelah masuk, pemohon dapat mengisi formulir yang disediakan dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Jika semua data sudah benar, pemohon dapat menyelesaikan pembayaran dengan mengikuti panduan yang tertera di website. Selanjutnya, visa dikirim secara elektronik ke alamat email WNA.

“Saya berharap apapun upaya yang kita lakukan dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan meningkatkan citra positif negara. Kami juga mengakselerasi layanan keimigrasian yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui analitik berbasis data dan meningkatkan wawasan digital jajaran pejabat imigrasi,” pungkasnya. (HS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button