Wiwin Vegas Innovation Ciptakan Mobil Listrik Unik • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Wiwin Vegas Innovation Ciptakan Mobil Listrik Unik • Radar Jogja

Wiwin Vegas Innovation Ciptakan Mobil Listrik Unik • Radar Jogja

INOVASI: Wiwin Vegas mengendarai Mobilijo mengitari rumahnya di Desa Kricak, Tegalrejo, Kota Jogja, Kamis (19/1). (ANNISSA KARIN/RADAR JOGJA)

RADAR JOGJA – Penggunaan kendaraan listrik perlahan menjadi tren di kalangan masyarakat umum. Kondisi inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh seorang warga kota Jogja bernama Wiwin Vegas untuk memproduksi kendaraan listrik. Ide kreatif ini ia wujudkan di garasi rumahnya di Desa Kricak, Tegalrejo.

Wiwin mengaku mengutak-atik teknologi adalah hobinya. Selain itu, ia menanamkan pengetahuan dasar teknik mesin selama studinya di sekolah menengah kejuruan. Selebihnya dia belajar sendiri menggunakan referensi di internet.

“Saya sering disebut inovator kendaraan listrik karena apa yang saya lakukan berbeda. Saya selalu antusias dengan teknologi dan mulai menggarap kendaraan listrik pada 2010,” jelas Wiwin, Kamis (19/1).

Salah satu mobil listrik Wiwin bernama Mobilijo. Mobil listrik ini memiliki desain eksterior yang eksentrik dan unik. Proses pembuatannya dimulai pada Desember 2022 dan selesai pada awal Januari 2023.

Mobilijo dapat menempuh jarak hingga 40 kilometer. Pengisian membutuhkan waktu 3 jam dan menghabiskan daya hingga 200 watt. Mobil ini bisa berjalan di tegangan 72 volt.

“Kecepatannya bisa mencapai 70 km/jam. Saya ingin membangun kendaraan listrik yang berfungsi, tetapi tidak untuk jalan raya. Bisa di kawasan pemukiman atau kawasan wisata,” ujarnya.

Bagian tersulit dalam merakit mobil listrik adalah menyejajarkan setir. Memasang rem juga menjadi tantangan bagi Wiwin. Namun, berkat kesabaran dan ketekunan, semua itu bisa diatasi.

Inovasi dalam pengembangan mobil listrik bukan sekadar mengikuti tren. Terbukti Wiwin telah memproduksi kendaraan listrik sejak 2010. Sejauh ini, Wiwin berhasil merakit 15 unit kendaraan listrik.

“Tujuan saya juga agar kendaraan listrik lebih dikenal, karena ke depan semuanya akan beralih ke kendaraan listrik. Jadi harapannya setiap rumah minimal memiliki satu kendaraan listrik, baik itu mobil atau motor,” ujarnya. (isa/dwi)

Inovasi Mobil Listrik Jogja Raya Mobil Listrik Jogja Mobilijo Wiwin Vegas

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button