Wisatawan Manfaatkan TIS Yogyakarta untuk Akses Informasi Wisata Budaya - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Wisatawan Manfaatkan TIS Yogyakarta untuk Akses Informasi Wisata Budaya – ANTARA News Yogyakarta

Yogyakarta (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyiapkan dua Tourist Information Service (TIS) untuk memberikan informasi kepada wisatawan selama liburan akhir tahun, dan banyak yang memanfaatkannya untuk menanyakan informasi wisata budaya.

“Ada belasan wisatawan domestik yang menanyakan informasi bagaimana cara masuk ke Keraton Yogyakarta atau akses pelayanan di Museum Sonobudoyo,” kata Andrini Wiramawati, Direktur Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, di Yogyakarta, Selasa.

Banyak wisatawan mancanegara yang menanyakan informasi tentang pertunjukan seni dan budaya, khususnya Wayang.

Baca Juga: Yogyakarta Siapkan Dua Layanan TIS untuk Libur Akhir Tahun

Layanan TIS Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dibuka khusus untuk wisatawan yang berlibur akhir tahun di dua lokasi, yakni di depan Plaza Malioboro dan di depan Museum Sono Budoyo sisi timur. Kedua tempat tersebut dinilai sangat strategis dan menjadi pusat kunjungan wisatawan di Yogyakarta saat liburan akhir tahun.

Layanan tersebut akan dibuka hingga 31 Desember yang merupakan puncak kunjungan wisatawan akhir tahun di Yogyakarta. Setiap hari layanan buka pukul 09.00 WIB-22.00 WIB.

Layanan TIS juga terintegrasi dengan layanan publik Kota Yogyakarta (Pemkot) seperti kesehatan, keadaan darurat, ketertiban umum, dan parkir, sehingga dapat digunakan untuk mengadu atau mengakses layanan publik.

Selain memberikan informasi wisata, TIS juga digunakan sebagai sarana promosi desa wisata di Kota Yogyakarta yang saat ini memiliki 18 desa wisata.

“Kami bertemu spanduk yang kemudian jalan-jalan di sekitar kawasan Malioboro, berharap banyak wisatawan yang melihat desa wisata dan kemudian tertarik untuk mengunjungi desa wisata tersebut,” ujarnya.

Kawasan Tugu, Malioboro, dan Keraton (Gumaton), lanjutnya, masih menjadi magnet terbesar yang menarik wisatawan berkunjung ke Yogyakarta, meski kawasan heritage Kotagede juga memiliki daya tarik.

“Ada dua desa wisata di Kotagede yakni Prenggan dan Purbayan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kami juga memberikan informasi tentang TIS,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button