Wisatawan ke Gunungkidul semakin meningkat, hal ini perlu Anda perhatikan. - WisataHits
Yogyakarta

Wisatawan ke Gunungkidul semakin meningkat, hal ini perlu Anda perhatikan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul mulai meningkat jelang Tahun Baru 2023. Disarankan untuk mewaspadai kondisi jalur yang rawan kemacetan dan kecelakaan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul A Purwanta memastikan arus lalu lintas sangat padat saat libur Natal. Untuk memastikan liburan akhir tahun berjalan lancar, berbagai upaya telah dilakukan untuk mempersiapkan diri jika terjadi kemacetan.

“Kami sudah memetakan di mana kecelakaan dan kemacetan lalu lintas bisa terjadi selama liburan Natal,” ujarnya, Senin (26/12/2022).

Ia menjelaskan, kecelakaan bisa saja terjadi di ruas jalan Wonosari-Jogja, khususnya di Siyono, Desa Logandeng dan Kapanewon Playen. Jalannya lurus dan banyak kendaraan melaju cukup kencang.

BACA JUGA: Liburan Natal, Pantai di Gunungkidul Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, personel ditempatkan dan melakukan patroli pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari. Upaya juga dilakukan dengan memasang spanduk yang mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati.

“Kalau rawan kemacetan, itu di jalur wisata. Kami juga telah menyiapkan staf untuk mengambil tindakan pencegahan,” katanya.

Jika nanti ada kemacetan lalu lintas di kawasan pantai, teknisnya akan ditentukan dengan membuat jalan satu arah menuju pantai. “Sekarang sudah terkendali,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan libur Natal yang berlangsung dari Sabtu hingga Minggu berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan. 32.426 kunjungan tercatat selama dua hari libur tersebut.

“Kunjungan Sabtu [24/12/2022] hingga 13.026 orang dan hari Minggu [25/12/2022] ada 19.364 orang. Jadi dibandingkan kunjungan minggu lalu, ada peningkatan sekitar 19,69%,” ujar Aldian.

BACA JUGA: Ada Live Music dan Kenduri Malam Tahun Baru di Telaga Jonge Gunungkidul

Meski ada peningkatan kunjungan, ia tak memungkiri peningkatan tersebut tidak sesuai dengan proyeksi yang diproyeksikan. Aldian mencatat, cuaca buruk akhir-akhir ini berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan ke Gunungkidul.

“Jelas ada dampaknya. Saat berkunjung, kawasan pantai masih mendominasi,” ujarnya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button