Wisata Warisan Budaya Gratis SENDANG MADE - WisataHits
wisatahits

Wisata Warisan Budaya Gratis SENDANG MADE

Harga Tiket Masuk Sendang Made: -Jam Buka: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Desa Made, Kudu, Jombang, Jawa Timur, Indonesia, 61454

Sendang do Jombang salah satu tempat bersejarah yang menampilkan atraksi alam dan budaya. Kawasan tersebut merupakan taman dengan tujuh sumber air yang ditetapkan sebagai situs arkeologi. Padahal, menurut kepercayaan, kawasan ini merupakan tempat pemandian raja-raja zaman dahulu.

Sendang Made merupakan salah satu destinasi wisata murah yang cocok sebagai tempat liburan keluarga. Selain menikmati keindahan lingkungan sekitar, wisatawan juga bisa belajar tentang budayanya. Hingga saat ini kawasan wisata ini merupakan salah satu cagar budaya Kabupaten Jombang.

Harga tiket masuk Sendang Made

Mengunjungi Sendang Made tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Jadi lebih leluasa saat mengunjungi taman yang kaya akan unsur budaya ini.

Biaya masuk
Setiap hari Gratis

Baca: Tiket & Wahana BALE TANI Jombang

Jam buka Sendang Made

Tempat wisata ini buka setiap hari. Namun biasanya ramai pada pagi dan sore hari. Wisatawan jarang datang pada malam hari.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Buatan Sendang.

Sendang Made merupakan salah satu warisan budaya Kabupaten Jombang. Orang menyebut tempat ini sebagai tempat bersejarah karena mengandung peninggalan purbakala. Tidak hanya menonjolkan unsur alam dan budaya, tempat ini juga sarat dengan unsur religi.

Memiliki 7 mata air seperti pegas

Spring Pengilon di Sendang MadeMata Air Pengilon merupakan salah satu mata air yang terletak di Sendang Made. Foto: Google Maps/Bani Fidah

Sendang Made awalnya hanya berupa tujuh mata air yang menjadi tujuh kolam berbeda yang disebut mata air. Inilah asal usul nama tempat ini. Untuk nama asli Made, ada yang mengira dari nama desa tempat tempat ini berada, ada juga yang namanya Raja Airlangga.

Ketujuh mata air tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sumbernya antara lain Sendang Drajat, Condong, Kamulyan, Pangilon, Gede, Pomben dan Payung Sendang. Sumber yang paling terbangun adalah Sendang Drajat.

Tujuh mata air tersebut konon merupakan tempat pemandian para sinden. Memang para dalang dan penyanyi yang akan terjun ke dunia seni juga menjalani ritual di sumber ini.

Mitos yang telah menjadi bibir

Dulu, ada sebuah legenda yang menjadi mitos, yang kini dipercaya oleh sebagian masyarakat Jombang. Menurut Merry, kawasan ini menjadi tempat pelarian Raja Airlangga selama 3 tahun. Cerita tersebut didukung oleh tulisan-tulisan Prasasti Pucangan.

Dikatakan bahwa raja menikahi Galuh Sekar, putra pamannya Dharmawangsa Teguh ketika dia berusia 16 tahun. Selama pernikahan, raja dan istrinya, pengawal dan dayang melarikan diri dari Raja Wurawati dan bersembunyi di Sendang Made selama 3 tahun.

Saat bersembunyi, raja melakukan pertapaan dan belajar dengan guru spiritualnya yang bernama Mbah Jenggot sebelum menyusun kekuatan untuk mendirikan Kerajaan Kahuripan.

Baca: Tiket dan Wahana Bukit Pinus Wonosalam Jombang

Ada situs budaya kerajaan kuno

Sebuah ruangan tempat barang-barang disimpan Beberapa bangunan kecil diyakini sebagai tempat penyimpanan peninggalan Raja Airlangga. Foto: Google Maps/Fani Nuriyanto

Sendang Made merupakan salah satu peninggalan Majapahit. Terbukti dengan adanya sebuah benda yang terlihat seperti prasasti dengan ukiran tahun pembuatannya. Tahun ditulis dalam karakter persegi.

Selain itu, ada beberapa barang yang dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Kahuripan. Misalnya potongan arca, panel relief, gentong gerabah, prasasti. Benda-benda tersebut disimpan dan dikunci di sebuah ruangan dekat sumbernya.

Baca: Tiket dan Aktivitas Kedung Cinemat Jombang

Tempat ritual adat

Ritual yang dilakukan di Sendang MadeRitual Kum-kum sebagai ritual sinden dan dalang di Sendang Drajat. Foto: Google Maps/Recep Tayyip ErdoÄŸan

Sendang Made memiliki tujuh mata air dengan berbagai fungsi. Contohnya Sendang Drajat. Mata air ini menjadi tempat ritual untuk mencapai sesuatu seperti kecantikan, kenaikan pangkat, melamar pekerjaan. Ritual yang berlangsung seperti membawa bunga seman, mandi dan berdoa.

Sendang Drajat juga biasanya menjadi tempat ritual Kum-kum Sinden yang berlangsung setahun sekali. Ritual ini biasanya dilakukan oleh seorang dalang dan seorang sinden yang akan tampil di depan penonton. Bahkan, ritual ini dianggap sebagai obat kejayaan dan awet muda bagi dalang dan sinden.

Lingkungan asri dan sejuk

Sendang Made dikelilingi pepohonanSuasana sejuk dan asri dengan payung pohon yang tinggi. Foto: Google Maps/Muhammad Nasrudin

Selain banyak tempat bersejarah, kawasan taman juga memiliki lingkungan yang membuat wisatawan nyaman. Lokasinya dinaungi pepohonan yang tinggi, lebat, menjulang tinggi.

Di sekitar tempat yang menjadi daya tarik utama Sendang Made ini juga dikelilingi oleh pepohonan. Bahkan, sejumlah ikan terkadang terlihat muncul di permukaan air. Selain sebagai tempat edukasi, wisatawan bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat untuk menenangkan diri.

Ada petisi

Selain sebagai wisata alam dan budaya, Sendang Made juga bisa menjadi tempat wisata religi. Sebenarnya ada tujuh petilasan, tetapi hanya lima yang terlihat. Yang lain digerakkan oleh penjaga.

Jenazah adalah milik nenek Joyodilengkung, Raja Airlangga dan istrinya, Galuh Sekar, Prajurit Joko Tungkul dan lima dayang. Petilasan-petilasan tersebut masih terjaga hingga saat ini.

Taman bermain di sekitar taman

Taman Bermain Sendang MadeTaman bermain anak dengan beberapa wahana. Foto: Google Maps/Wawan

Sendang Made memiliki taman bermain anak-anak. Arena ini berisi beberapa permainan seperti skateboard, ayunan dan jaring. Permainan ini dapat dimainkan secara gratis.

Tempat ini termasuk taman bermain mini. Meski demikian, anak-anak antusias bermain di tempat ini. Arena ini terletak di sebelah paviliun. Sebelumnya arena ini terletak di depan paviliun, kemudian dipindahkan ke samping.

Meredakan

Sendang Made sudah memiliki fasilitas seperti mushola, toilet, sanggar seni, aula, kios UMKM, tempat parkir, pendopo, area camping dan lapangan yang luas.

Alamat Sendang Made

Destinasi wisata cagar budaya ini terletak di lereng Gunung Pucangan. Lokasi tepatnya berada di Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61454. Lokasinya sekitar 28 km dari pusat kota. Wisatawan membutuhkan waktu sekitar 54 menit untuk sampai ke tempat ini dengan kendaraan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button