Wisata Taman Kambang Iwak Besak Tengah Kota Danau - WisataHits
wisatahits

Wisata Taman Kambang Iwak Besak Tengah Kota Danau

Tiket Masuk Taman Kambang Iwak Besak : Gratis Jam Operasional : 24 jam No. Telepon: -Alamat: Jl.Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, 30121

Taman Kambang Iwak Besak merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di jantung kota Palembang. Taman ini sering disebut Taman KI. Terkenal sebagai danau besar yang penuh dengan ikan. Dengan jembatan di tengah danau dan terdapat air mancur.

Cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga, berolahraga atau sekedar jogging. Lengkap dengan aneka jajanan untuk wisata kuliner. Apalagi di hari Minggu karena lokasinya digunakan untuk car free day.

Biaya masuk Taman Kambang Iwak Besak

Taman Kambang Iwak Besak merupakan ruang hijau yang terbuka untuk umum dan gratis. Pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya parkir.

Harga tiket
Tiket masuk Gratis
tiket parkir Rp2.000-Rp5.000

Baca: Tiket & Wahana PUNTI KAYU Palembang

Jam buka

Taman ini buka setiap hari tanpa batasan waktu. Sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan saja.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Pesona danau di tengah taman

Taman Kambang Iwak Besak berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Suasananya asik padahal di tengah kota. Bahkan, taman ini mendapat penghargaan sebagai taman kota terbaik di Indonesia.

Danau dengan berbagai jenis ikan

Seperti namanya, Kambang adalah kolam dan Iwak adalah ikan. Wisatawan bisa melihat kolam renang yang dulunya merupakan tempat rekreasi pada zaman Belanda. Hingga saat ini masih berfungsi sebagai tempat penampungan air yang dihuni berbagai jenis ikan. Dilarang memancing di kambang ini. Ada sanksi untuk pelanggaran. Memang, hal itu bertujuan untuk menjaga kelestarian tambak.

Baca: Tiket & Wahana OPI Water Fun Palembang

Jembatan di tengah danau

jembatan di tengah danau - tujuan palembangjembatan di tengah danau (foto instagram/tujuan palembang)

Atraksi selanjutnya adalah jembatan yang membelah danau. Jembatan baja berwarna merah dengan desain yang estetis. Pengunjung bisa berfoto di sini sebagai tempat yang keren. Danau luas di latar belakang akan menambah keindahan bidikan. Apalagi jika menggunakan foto dengung dari pojok atas. Anda akan melihat seberang danau dengan pepohonan yang lebat.

Air Mancur di Taman Kambang Iwak Besak

air mancur di danau Taman Kambang Iwak Besakair mancur di tengah danau (Foto: Instagram/disbudparsumsel)

Atraksi selanjutnya adalah adanya air mancur di tengah kolam. Air mancur flamboyan itu elegan dan menawan. Terutama pada malam hari. Kolaborasi antara shower dan lampu menghasilkan perpaduan yang indah. Cahaya akan terpantul di permukaan kolam membentuk sepasang air mancur top-down. Sungguh kombinasi yang indah.

Meski gelap di malam hari, keindahan taman tetap terpancar. Taman akan dihiasi dengan berbagai lampu yang menerangi sudut-sudutnya. Suasana romantis cahaya bintang juga menyertainya.

Baca: Tiket dan Wahana Palembang Bird Park

Pesona Matahari Terbenam

matahari terbenam yang mempesona di tepi danau -kj.photoworksunset yang mempesona di tepi danau (Foto: Instagram/kj.photowork)

Bagi yang ingin menikmati sore sambil melihat senja, bisa dilakukan di taman ini. Pepohonan yang rimbun memang menutupi cakrawala. Terlepas dari segalanya, sinar matahari yang berangsur-angsur berubah menjadi merah akan terpantul di permukaan danau.

Pantulan cahaya jingga yang semakin memudar juga akan mengubah warna kolam. Sungguh pemandangan yang membuat nyaman mata.

Ruang terbuka hijau

Taman ini memang bagian dari konsep RTH atau Ruang Terbuka Hijau. Awalnya hanya sebuah taman dengan kolam ikan. Sesampainya di sini, berbagai fasilitas terus diperbarui demi kenyamanan pengunjung. Termasuk menambah pepohonan agar lebih rindang dan rindang. Suasana sejuk dan udara segar pasti akan Anda temukan di sini. Letaknya yang berada di tengah kota juga berfungsi sebagai paru-paru kota.

Baca: Tiket dan Wahana Water Park AMANZI

Bakat

Fasilitas fitnes di Taman Kambang Iwak BesakBerbagai fasilitas olahraga gratis tersedia bagi pengunjung (foto: Google Maps/Jony day)

Tidak hanya berbagai spot pemandangan, pengunjung juga bisa menggunakan berbagai fasilitas olahraga. Salah satunya adalah ketersediaan berbagai alat bakat di ruang terbuka ini. Ada alat olahraga untuk melatih otot kaki dan tangan dalam berbagai bentuk. Tentunya berbagai fasilitas tersebut dapat digunakan secara gratis setiap saat.

Jogging dan Bersepeda di Taman Kambang Iwak Besak

KI Park juga terkenal sebagai taman jogging. Ada jogging track sepanjang 815 meter. Banyak pengunjung menggunakan jalur ini untuk berjalan santai atau berlari mengelilingi danau. Pengunjung tidak perlu khawatir jalan becek atau ramai. Karena areanya dibuat luas dan berlabuh pengaspalan. Memudahkan pengunjung untuk berlari di lintasan tanpa hambatan.

Selain jalur jogging, pengunjung juga bisa bersepeda di jalur tersebut. Luasnya taman membuat area bersepeda semakin nyaman. Lintasannya datar dan permukaannya rata dan cukup bagus. Berolahraga sambil menikmati pemandangan yang menenangkan akan menghadirkan suasana bersepeda yang menyenangkan.

Area bermain anak-anak

taman bermain anak - jhony dayarea bermain anak (foto: Google Maps/ jhony day)

Bagi yang membawa anak-anak, taman ini juga menawarkan berbagai wahana permainan. Misalnya perosotan, terowongan, dan ayunan semuanya tersedia gratis.

Selain itu, ada game berbayar yang disediakan oleh operator. Seperti permainan menangkap ikan kecil, melukis objek pada gambar polistiren, bermain pasir magnet. Selain itu, ada juga persewaan odong-odong, sepatu roda, skuter, dan sepeda motor listrik. Bahkan ada yang naik kereta kuda dengan lincah.

Wisata Kuliner PKL

Taman KI juga menawarkan berbagai stand kuliner. Aneka jajanan ala pedang jalanan bertebaran di sekitar halaman taman. Mulai dari aneka olahan tepung, makanan ringan hingga aneka minuman kekinian. Selama car free day, pilihan menu akan lebih bervariasi. Bahkan berbagai penjual pakaian dan furniture juga hadir.

Fasilitas Taman Kambang Iwak Besak

Fasilitas di Taman Kambang Iwak Besak cukup lengkap. Yakni tempat parkir yang luas, kamar mandi, aneka tempat duduk, gazebo, fitness dan jogging area. Serta keberadaan berbagai wisata kuliner yang tersebar. Bahkan ada air ledeng yang bisa diminum serta internet gratis dengan fasilitas wifi.

Lokasi Taman Kambang Iwak Besak

Taman Kambang Iwak Besak terletak di Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button