Wisata Sejarah Kembali di Kabupaten Grobogan, Bupati Buka Museum Situs Gajahan Sendang Gandri - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Sejarah Kembali di Kabupaten Grobogan, Bupati Buka Museum Situs Gajahan Sendang Gandri


Purwodadi Media – Kawasan Kabupaten Grobogan terkenal dengan potensi wisata sejarahnya. Penemuan fosil dan berbagai peninggalan kerajaan Medang Kamulan menjadi bukti adanya situs sejarah di kawasan ini.

Penemuan situs sejarah baru-baru ini ditemukan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan. Hingga akhirnya Museum Banjarejo dan Situs Gajahan Sendang Gandri dibangun.

Sri Sumarni, Bupati Grobogan, Senin 15

Baca juga: Ramalan Zodiak Selasa 16 Agustus 2022: Taurus Lebih Berhati-hati, Pisces Tak Mudah Menyerah

Hadir dalam peresmian tersebut Forkopimda Kabupaten Grobogan dan jajaran BPSMP Sangiran. Selain itu hadir pula Kelompok Kompetensi Paleontologi dan Geologi Kuarter FITB-ITB, Profesor Aswan dan Prof. Zaim, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan bahwa peresmian Museum Banjarejo bisa menjadi salah satu objek pelestarian sejarah dimana banyak ditemukan fosil di desa Banjarejo ini.

Beberapa fosil tersebut adalah hewan purba seperti gajah purba, kerbau, banteng, kijang, landak dan sebagainya.

Proses identifikasi dilakukan untuk meneliti fosil-fosil yang ditemukan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan.

Akibatnya, temuan fosil di Banjarejo terkait dengan temuan fosil lain di sejumlah situs purbakala di Jawa Tengah, yakni Sangiran, Patiayam, Kudus, Mendo Tegal, Trinil dan situs-situs di sepanjang Sungai Bengawan Solo.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jawa Tengah, Selasa 16 Agustus 2022: Di pegunungan masih diperkirakan hujan, disertai angin kencang

Source: mediapurwodadi.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button