Wisata Sejarah Candi Rimbi Peninggalan Majapahit di Kaki Gunung Anjasmoro, Jombang, Keren! - WisataHits
Jawa Timur

Wisata Sejarah Candi Rimbi Peninggalan Majapahit di Kaki Gunung Anjasmoro, Jombang, Keren!

Wisata Sejarah Candi Rimbi Peninggalan Majapahit di Kaki Gunung Anjasmoro, Jombang, Keren!

HELLO.ID – Wisata sejarah ke Candi Rimbi atau Arimbi, salah satu peninggalan zaman Majapahit di kaki barat Gunung Anjasmoro, tepatnya di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia.

Bangunan candi Rimbi Jombang masih terlihat kokoh meski sudah berdiri ratusan tahun. Candi Rimbi banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak spot foto menarik dengan pemandangan yang indah, keren banget!

Menurut situs resmi Pemerintah Kabupaten Jombang, reruntuhan Candi Rimbi ditemukan oleh orang Inggris bernama Alfred Wallace saat melintas di lokasi tersebut saat mengumpulkan tumbuhan di Wonosalam, Jombang, menjelang akhir abad ke-19.

Baca Juga: Ulang Tahun Megawati ke-76, Puan: Semoga Ibu Sehat Selalu dan Panjang Umur

Wisata sejarah Candi Rimbi ini terletak di antara pemukiman penduduk, persawahan dan hutan lebat serta pemandangan yang indah

Candi Rimbi merupakan peninggalan agama Hindu dari masa Klasik Majapahit, Candi Pendharmaan Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi, ibu dari Raja Hayam Wuruk.

Candi ini juga sering disebut Cungkup Pulo. Nama Rimbi dikaitkan dengan nama tokoh pewayangan bernama Arimbi, istri Werkudara atau lebih dikenal dengan Bima.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata Pantai Tuban Terbaik untuk Liburan, Ada Pasir Putihnya Juga!

Arsitektur Candi Rimbi

Situs ini menempati area seluas 896,56 meter persegi dan berdiri sedikit lebih tinggi di atas tanah dibandingkan area sekitarnya. Bangunannya terbuat dari batu andesit sedangkan pondasinya terbuat dari batu bata. Bangunan yang diawetkan ini memiliki panjang 13,24 meter, lebar 9,10 meter, dan tinggi 12 meter. Sekitar 1 meter di sekeliling candi terdapat lapisan batu bata yang miring.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button