Wisata safari solo resmi dibuka, membatasi pengunjung hingga 2.000 orang per hari - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata safari solo resmi dibuka, membatasi pengunjung hingga 2.000 orang per hari

Wisata safari solo resmi dibuka, membatasi pengunjung hingga 2.000 orang per hari

JawaPos.com – Kawasan Wisata Edukasi dan Hiburan Satwa Safari Solo akan dibuka untuk umum mulai Jumat (27/1/2023). Namun, jumlah kunjungan wisatawan masih terbatas karena kebun binatang yang baru dibersihkan ini belum beroperasi penuh.

Ketua Yayasan Konservasi Satwa Liar Indonesia (YKMI) Agus Santoso memastikan masyarakat bisa berwisata ke Solo Safari dengan tiket masuk yang terjangkau bagi warga Solo maupun yang berasal dari luar kota. Yakni di kisaran Rp30.000 hingga Rp75.000 per pengunjung. Namun, pengelola tetap membatasi jumlah kunjungan wisatawan.

“Maksimal 2.000 pengunjung per hari karena infrastruktur belum siap. Hewan-hewan juga masih beradaptasi dan teman-teman (pegawai) yang akan membantu mereka masih dalam proses pelatihan,” jelas Agus seperti dikutip Radar Solo seusai pembukaan.

Pembatasan pengunjung diberlakukan karena masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Direncanakan akan membatasi jumlah pengunjung hingga Juli.

“Di taman safari lainnya, sekitar 4.000 pengunjung datang setiap hari. Selanjutnya, ini (Solo Safari) pasti akan menjadi viral setelah itu. Oleh karena itu, pertama-tama kami akan fokus merawat taman agar semuanya baik-baik saja di bulan ini. Dan hewan juga sudah beradaptasi,” jelas Agus.

Selain itu, tambah Agus, Solo Safari masih membutuhkan revitalisasi tahap kedua. Pada revitalisasi tahap kedua, manajemen Taman Safari Indonesia (TSI) akan meminta dana Rp 30 miliar atau lebih kecil Rp 5 miliar dari anggaran revitalisasi tahap pertama.

“Di belakang juga ada hewan yang belum dilepas karena kandangnya belum siap. Jadi kami masih punya rekening sampai Juli sebelum revitalisasi tahap kedua dimulai bulan ini. Saat ini ada 87 spesies satwa dan rencananya akan ditambah lagi di tahap kedua,” ujarnya.

Sekadar informasi, pengelola Solo Safari membedakan harga tiket sesuai usia pengunjung. Pada hari kerja Rp 30.000 untuk anak-anak berusia 3 hingga 6 tahun dan Rp 45.000 untuk dewasa. Pada hari libur Rp 45.000 untuk anak usia 3-6 tahun dan Rp 60.000 untuk dewasa. Khusus gratis untuk anak usia 0-24 bulan.

“Beberapa fasilitas Solo Safari masih perlu dipercepat. Seperti food court dan restoran. Tapi yang jelas sekarang Solo punya tambahan destinasi wisata baru. Kami berharap banyak yang datang ke sini dari Solo hingga luar provinsi,” kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Usai pembukaan, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Bahkan, beberapa pengunjung Solo Safari kecewa karena tidak bisa ikut. Momen warga yang terpaksa pulang terekam di akun Twitter pribadi Gibran. Dalam postingannya itu, Gibran meminta maaf kepada para pengunjung yang merindukannya.

“Maaf. Kembalilah besok. Masalahnya kelebihan kapasitas,” tulis Gibran di akun Twitternya.

Penerbit : Mohammad Nur Asikin

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button