Wisata Religi Berpotensi Mengkapitalisasi Perekonomian Jawa Tengah – Hai Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Religi Berpotensi Mengkapitalisasi Perekonomian Jawa Tengah – Hai Semarang

Halo DEMAK -Antusiasme masyarakat yang besar terhadap ziarah ke makam para wali dapat memberikan efek positif dan mempercepat siklus ekonomi di wilayah tersebut.

Keberadaan wisata religi juga berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah.

Hal itu baru-baru ini diungkap Setia Budi Wibowo, anggota DPRD Jawa Tengah, saat mengisi dialog proaktif DPRD Jawa Tengah di kompleks makam Sunan Kalijaga di Desa Kadilangu, Kabupaten Demak.

Menurut Setia Budi Wibowo, animo masyarakat untuk mengunjungi makam para wali tidak hanya menggairahkan kegiatan keagamaan tetapi juga meningkatkan perekonomian.

Pemilik usaha kecil, bahkan banyak yang bergantung pada wisata religi ini. Termasuk warga yang berjualan cinderamata di rumah-rumah yang dilewati peziarah.

Oleh karena itu, menurutnya, para pelaku usaha perlu meningkatkan keterampilan penjualannya agar produk yang mereka tawarkan menjadi lebih laku.

Dalam dialog proaktif DPRD Jawa Tengah, Setia Budi Wibowo juga mengakui peran penting Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam dan melestarikan budaya lokal.

Menurutnya, dalam menyebarkan agama, Sunan Kalijaga memperhatikan budaya lokal seperti wayang, alat musik gamelan dan lagu-lagu Jawa saat itu.

Dalam proses pengembangan ajaran Islam, budaya juga dilestarikan oleh Sunan Kalijaga.

Dengan demikian, dakwah Islam dapat diintegrasikan ke dalam budaya dan seni Demak dan sekitarnya.

Berkat upaya tersebut, banyak penguasa Jawa yang memeluk agama Islam dan diikuti oleh rakyatnya.

Ketua Yayasan Sunan Kalijaga R Agus Supriyanto mengatakan peluncuran wisata religi merupakan hal yang sangat baik, apalagi setelah masyarakat dilanda pandemi.

“Sehubungan dengan dibukanya kembali lokasi ini, kami sangat mengapresiasi, apalagi saat ini pengunjung atau wisatawan dari berbagai daerah sudah mulai berdatangan secara bertahap,” katanya dalam keterangannya. dprd.jatengprov.go.id.

Menurutnya, hal ini akan disambut positif oleh para pelaku usaha di sekitar kawasan makam Sunan Kalijaga.

“Kami berharap budaya tersebut terus berkembang sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat di masa mendatang,” ujarnya. (HS-08)

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button