Wisata Religi 4 Gua Maria di Jawa Tengah diantaranya Gua Klaces Maria di Nusakambangan - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Religi 4 Gua Maria di Jawa Tengah diantaranya Gua Klaces Maria di Nusakambangan

TEMPO.CO, jakarta – Bagi umat Katolik, berziarah dengan mengunjungi Gua Maria adalah sesuatu yang sudah menjadi tradisi. Pada umumnya banyak umat Katolik mengunjungi Gua Maria untuk mencari ketenangan batin dan lebih dekat dengan Allah Bapa.

Sebagian besar keuskupan di Indonesia memiliki Gua Maria yang bisa dikunjungi umat Katolik. Banyak juga Gua Maria di Pulau Jawa yang bisa dikunjungi, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Sebagai informasi: Provinsi Jawa Tengah memiliki dua keuskupan yaitu Keuskupan Agung Semarang dan Keuskupan Purwokerto. Keduanya memiliki beberapa gua Maria yang bisa Anda kunjungi.

Gua Maria di Jawa Tengah

1. Gua Maria Kaliori, Banyumas

Gua Maria Kaliori adalah gua Maria di Kaliori, Banyumas. Gua Maria berada di bawah Keuskupan Purwokerto. Gua Maria Kailori pertama kali dibangun pada 15 Agustus 1989 dan diresmikan pada 8 Desember 1989. Dalam pembangunannya, Gua Maria ini memiliki peristiwa sejarah. Peristiwa itu terjadi pada 10 Oktober 1989, ketika Bapa Suci Yohanes Paulus II memberkati patung Bunda Maria dan menandatangani prasasti Gua Maria Kaliori.

2. Gua Maria Kerep, Ambarawa

Gua Maria Kerep adalah sebuah gua Maria di Ambarawa, Semarang, di bawah yurisdiksi Keuskupan Agung Semarang. Suasana di Gua Maria Kerep sangat tenang dan menyuguhkan pemandangan yang indah. Gua Maria ini merupakan salah satu gua Maria tertua di Indonesia. Gua Maria Kerep dibangun pada tahun 1954 dan diresmikan pada tanggal 15 Agustus 1954.

3. Gua Sendang Ratu Maria di Kenya, Wonogiri

Gua Maria Sendang Ratu Kenya adalah Gua Maria di Giriwoyo, Wonogori. Sendang Ratu Kenya memiliki suasana yang tenang dan cocok bagi anda yang ingin sembahyang disini. Selain itu, untuk mencapai Sendang Ratu Kenya tidak terlalu jauh dari pusat kota kecamatan Baturetno.

4. Gua Maria Klaces, Nusakambangan

Gua Maria Klaces adalah gua Maria di Kalces di pulau Nusakambangan. Gua Maria berada di bawah Keuskupan Purwokerto. Gua Maria ini merupakan gua Maria yang unik karena merupakan satu-satunya gua Maria yang ada di kawasan Nusakambangan.

EIBEN HEIZIER

Baca Juga: Wisata Rohani ke Gua Maria Jelang Natal

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button