Wisata Rawa Bladon Unggulan Mngkrak - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Rawa Bladon Unggulan Mngkrak

RDARSEMARANG.ID, KENDAL – Wisata air Rawa Bladon di Desa Purwokerto, Kabupaten Brangsong sempat menjadi destinasi wisata unggulan di Kendal pada tahun 2017. Lima tahun kemudian, situasi mulai mandek. Tidak terawat dan hanya tersisa spot-spot pemancingan.

Wisata air Rawa Bladen ini dikelilingi oleh persawahan. Terletak di Dusun Krayapan, Desa Purwokerto, Brangsong. Banyak rerumputan dan dedaunan menutupi air rawa. Selain itu, jalan menuju tempat pemancingan ditumbuhi rumput liar.

Ahmad, 42, warga Krayapan, mengatakan Rawa Bladon atau Kali Bladon menjadi favorit pada 2017 dan menjadi viral di media sosial. Itu karena air rawanya berwarna hijau jernih dan Instagrammable.

“Banyak pengunjung yang ketagihan foto dan datang ke sini,” ujarnya.

Setiap akhir pekan selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah. Seperti Semarang, juga daerah Kendal atas seperti Boja. Tapi sekarang sudah berubah drastis.

“Rawa ini sebenarnya irigasi. Karena tidak ada yang mengurus, macet dan banyak sampahnya,” ujarnya.

Merevitalisasi wisata air Rawa Bladon tentu tidak mudah. Jika kembali hidup pasti akan mempengaruhi perekonomian masyarakat.Sebelumnya, wisata ini dikelola. Namun, pembangunan beberapa pabrik terhenti.

“Saya tidak tahu persis apa penyebabnya. Intinya Rawa Bladon saat ini tenang, seperti sungai atau sungai pada umumnya,” tambahnya.

Khotimah, warga lainnya, mengatakan, tiket masuk dan biaya parkir bagi pengunjung sudah dikenakan sebelumnya. Tarifnya Rp 2.000 dan ada fasilitas laybag, rakit dan paviliun yang bisa digunakan pengunjung untuk berfoto.

“Ini akan menjadi sunyi dan tidak terawat,” tambahnya. (pengembangan / kaki)

Source: radarsemarang.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button