Wisata Petik Teh di Perkebunan Teh Wonosari, Malang, Jawa Timur - WisataHits
wisatahits

Wisata Petik Teh di Perkebunan Teh Wonosari, Malang, Jawa Timur

Kebun Teh Wonosari di Malang merupakan perkebunan yang juga dijadikan sebagai objek wisata edukasi untuk pemetikan dan pengolahan teh.

Jam buka: 07.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp 8.000,00 hari kerja
Rp 12.000,00 akhir pekan
Nomor telepon: 0811 3637 198
Aktivitas: Berfoto, bermain wahana, memetik teh, melihat proses pembuatan teh
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, pakaian tebal
Larangan: Dilarang memetik teh sembarangan
Alamat: Desa Tirtomoyo, Singosari, Malang, Jawa Timur
Fasilitas umum: Parkir mobil sangat luas, toilet, mushola, restoran, toko suvenir, akomodasi
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia pasti tidak ada habisnya. Negara ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dari gunung, laut, dataran tinggi, lembah, hutan dan masih banyak lagi, semuanya sangat indah.

Banyaknya tempat-tempat indah di Indonesia bisa menjadikannya sebagai destinasi wisata yang Anda kunjungi. Seperti salah satu tempat tersebut yang ada di pulau jawa yaitu jawa timur tepatnya di kota malang. Kota Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di kota Malang, ada tempat wisata yang sangat cocok untuk Anda. Selain pemandangan yang indah dan udara yang segar, karena tempat wisata ini terletak di dataran tinggi, betah berlama-lama di sini. Namanya Agrowisata Kebun Teh Wonosari. Seperti apa keseruan wisata alam di sana? Yuk simak artikel di bawah ini untuk menambah informasi sebelum mengunjunginya.

Sekilas Tentang Perkebunan Teh Wonosari Malang

Kebun teh Wonosari ini terletak di lereng Gunung Arjuna, Malang. Kebun teh ini terletak di ketinggian 1250 m. Dan tentunya menawarkan pemandangan menghijau yang memanjakan mata dan menyejukkan. Kebun ini memiliki luas 1.144 hektar dan merupakan satu-satunya kebun teh di Jawa Timur yang disulap menjadi objek wisata.

Sebagai alternatif objek wisata Kebun Teh Bogor. Masyarakat sudah berasa tempat wisata di Kebun Teh Bogor. Kebun teh yang terhampar sangat luas, jika berkunjung ke tempat ini akan disuguhkan hamparan hijau pepohonan teh yang tertata rapi.

Wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Karena tempatnya yang sejuk, dingin dan asri, sangat layak untuk kamu coba mengunjunginya.

Alamat

Kebun teh ini terletak di perbatasan antara Malang dan Surabaya, tepatnya di kaki Gunung Arjuno, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kebun teh ini terletak 30 km dari kota Malang.

Jika Anda belum puas berwisata di sini, atau masih punya banyak waktu untuk berlibur, Anda harus mencoba mengunjungi tempat wisata lain di sekitar tempat ini. Objek wisata tersebut antara lain Candi Sumberawan berjarak 8,4 km, Badug Asu 14,5 km atau Taman Safari Indonesia II Prigen berjarak 20,4 km.

Biaya masuk

Harga tiket masuk yang ditawarkan jika ingin masuk ke objek ini sangat terjangkau, Anda hanya perlu membayar:

Hari Harga tiket
Senin Sabtu Rp 8.000/ 0 peringkat
Minggu dan hari libur nasional Rp12.000/orang
kolam renang Rp 10.000/orang

Harga tiket saat weekday memang lebih murah karena sedikit pengunjung yang datang.

Jam operasional

Anda bisa mengunjungi tempat wisata tersebut setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Cerita

Kebun teh ini berdiri sejak tahun 1910, yang saat itu masih berada di bawah naungan perusahaan Belanda bernama NV. budaya Maathappi. Sebelumnya, perkebunan ini ditanami teh dan kina. Namun, pada masa penjajahan Jepang, untuk memenuhi misi swasembada pangan, sebagian dari perkebunan ini ditanami bahan pangan pokok seperti singkong, ubi jalar, kentang dan jenis umbi-umbian lainnya.

Setelah bebas dari penjajakan, perkebunan ini mulai diambil alih oleh pemerintah Indonesia di bawah naungan PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) selama ini. Mengingat lokasi dataran tinggi dan kelembaban tanah di wilayah tersebut, PTPN XII memilih untuk fokus pada tanaman teh dan kopi. Produk dari perkebunan ini adalah teh bernama Teh Rolas.

Selain menghasilkan produk dari perkebunan, tempat ini juga terbuka untuk wisata yang bisa Anda kunjungi. Dengan udara pegunungan yang khas, segar, dingin, segar, bisa Anda manfaatkan sebagai penghilang stress atau penat setelah bekerja lama.

Baca juga: Bukit Nirwana Pujon Malang

Daya tarik

Kebun teh yang menjadi kebun teh pertama ini tidak hanya digunakan untuk perkebunan teh tetapi juga sebagai objek wisata, Anda tidak hanya bisa menikmatinya sebagai pemandangan. Namun, ia memiliki beberapa pesona seperti:

Kunjungan pendidikan

Objek wisata ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata dengan pemandangan hijau dan udara yang sejuk dan segar. Namun Anda bisa mempelajari cara memilih dan melihat proses pengolahan produk teh dari awal hingga akhir. Anda bahkan dapat mengunjungi pabrik pengolahan.

jalan-jalan minum teh

Anda bisa berkeliling perkebunan ini dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan pemandangan alamnya. Meski sudah disediakan kendaraan seperti mini train, tapi pasti akan lebih seru kalau jalan kaki.

rubah terbang

Bagi kamu yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin, kamu juga bisa bermain flying fox. Yang pasti game ini benar-benar mendongkrak arenaline kamu.

berkuda

Selain itu, Anda bisa berjalan mengelilingi taman dengan berjalan kaki, Anda juga bisa menunggang kuda untuk mengelilinginya. Tentunya Anda juga akan memiliki nuansa dan pengalaman tersendiri saat berkendara di kebun teh.

bola cat

Kamu juga bisa memainkan Paint Ball disini, game simulasi strategi perang ini pasti sangat seru untuk kamu. Apalagi anda bisa mengasah otak anda untuk memenangkan permainan ini dan mengatur strategi, anda pasti akan mendapatkan pengalaman yang sangat seru.

Kolam air panas

Di daerah yang berhawa dingin, tentu sangat miris jika Anda kehabisan hanya dengan satu kendaraan. Anda bisa merasakan hangatnya mandi atau berenang di pemandian air panas yang tersedia di sini.

MTB

Selain bisa berkeliling dengan berjalan kaki, menunggang kuda atau dengan kereta api kecil, Anda juga bisa berkeliling menggunakan kendaraan sepeda gunung yang tersedia di sini. Model kendaraan off-road ini tentunya sangat cocok untuk Anda di daerah ini karena memiliki medan yang cocok untuk kendaraan off-road seperti ATV.

ruang pernikahan

Selain kawasan ini sebagai kawasan wisata, Anda juga bisa menyewakan kawasan ini untuk tempat pernikahan pilihan Anda.

mobil baterai

Game ini pasti sangat cocok dimainkan oleh anak-anak. Yang tentunya lebih aman dibandingkan jika anak-anak sedang bermain sepeda gunung.

Meredakan

Sejalan dengan banyaknya wahana yang tersedia, hal ini semakin menarik bagi wisatawan. Tentunya pihak pengelola juga menyediakan fasilitas penunjang yang akan membuat Anda merasa nyaman saat berkunjung ke sini. Peralatan yang tersedia juga cukup lengkap, seperti:

  • Tempat parkir mobil yang sangat luas
  • Toilet
  • ruang sholat
  • Restoran
  • Toko cendera mata
  • Akomodasi

Jika Anda ingin menginap di kawasan ini dan ingin menghabiskan liburan Anda, Anda tidak perlu khawatir. Karena disini ada banyak hostel yang bisa kamu pilih untuk menginap dan melanjutkan kunjunganmu keesokan harinya. Pilihan akomodasi ini termasuk Rollaas Inn yang hanya berjarak 400 meter, Arjuna View Villa Lawang yang berjarak 3,6 km, atau RedDoorz Lawang yang berjarak 8,4 km.

Restoran Jika Anda ingin berwisata kuliner atau sekedar mencicipi makanan khas kota ini, Anda bisa mengunjungi restoran-restoran yang berada di sekitar kawasan ini. Restoran-restoran ini termasuk Depot Janur Kuning Restaurant yang berjarak 7,5 km, Daoen Restaurant yang berjarak 12,1 km, atau Indonesian Cuisine and Seafood Office yang berjarak 14 km.

Rencana perjalanan

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, jangan khawatir, Anda akan sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi karena letaknya yang strategis. Jika Anda menggunakan kereta api, Anda naik kereta api ke Malang dan turun di stasiun Malang. Jika Anda menggunakan bus, Anda harus naik bus ke Malang dan turun di Terminal Malang. Setelah itu, baik dengan bus atau kereta api, Anda selalu harus terus naik angkutan umum ke Malang – Surabaya dan turun di terminal Lawang, lalu naik angkutan umum ke Kebun Teh Wonosari.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut daftar pertanyaan mengenai objek wisata kebun teh ini:

Kesimpulan

Kebun Teh Wonosari merupakan tempat wisata alam yang sangat cocok sebagai tujuan liburan, dengan suasana yang sejuk, udara yang sejuk sangat cocok untuk bersantai setelah lama bekerja.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button