Wisata Pernikahan Adat Terinspirasi Kaesang-Erina - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Pernikahan Adat Terinspirasi Kaesang-Erina

MerahPutih.com – Kesuksesan rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, dan Erina Gudono di Kota Solo dapat menjadi pendorong untuk membuka potensi wisata upacara adat.

Bahkan, Pemkot berencana melakukan wisata pernikahan adat dengan mengacu pada apa yang sudah dilakukan di Bali.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menyebut pernikahan Kaesang dan Erina berdampak besar bagi perekonomian Kota Solo. Efeknya mengarah ke sektor makro dan mikro.

Baca juga:

Luhut mengklaim pernikahan Kaesang-Erina sebagai pesta rakyat

“Sektor ekonomi mikro seperti tukang becak dan transportasi, dll, ojek online dan sebagainya juga mengalami peningkatan pendapatan,” kata Gibran, Rabu (14/12).

Katanya kamar hotel dampak ekonomi lainnya, losmen, wisma semuanya penuh. Transportasi online juga laris manis.

Selain itu, pedagang dan pengusaha kuliner menghasilkan pendapatan selama acara berlangsung.

“Pesta kemarin juga menampilkan berbagai artis lokal, mulai dari dekorasi dan make up hingga entertainer lokal di Solo,” ujarnya.

Baca juga:

Kaesang dan Erina memilih Loji Gandrung setelah menikah

Gibran melihat potensi baru dalam hal ini untuk mendongkrak sektor pariwisata solo pada 2023. Menurutnya, pergi ke resepsi atau hajatan pernikahan bukan sekadar mabuk-mabukan tapi bisa berdampak baik bagi masyarakat.

“Apa yang disebut Thanksgiving bukan sekadar perayaan. Melainkan tentang penanaman budaya dan tradisi untuk mendongkrak ekonomi, semuanya terlibat,” ujarnya.

Sebelumnya, dengan beberapa adat pernikahan Jawa, Pernikahan Kaesang Erina dianggap sebagai sajian yang menarik karena jarang dilihat oleh masyarakat. Hal ini sekaligus melestarikan budaya dan tradisi yang sangat relevan bagi negara maju untuk menggerakkan perekonomian juga.

“Yang jelas bisa menarik banyak warga dari daerah lain, yang juga menguntungkan semua pihak yang terlibat,” kata Menteri BUMN Erick Thohir. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca juga:

Berkat Jokowi Kaesang, acara pernikahan berjalan aman dan lancar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button