Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul Lengkap : Jarak Tempuh, Tiket & Fasilitas - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul Lengkap : Jarak Tempuh, Tiket & Fasilitas

Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul Lengkap : Jarak Tempuh, Tiket & Fasilitas

Merdeka.com – Wisata pantai di Indrayanti Gunung Kidul merupakan salah satu dari sejumlah pantai unggulan di kawasan ini. Seperti pantai lainnya di Gunung Kidul, Pantai Indrayanti terkenal dengan pasir putihnya yang mencolok dan pemandangan perbukitan yang menjorok ke laut.

Wisata di Pantai Indrayanti Gunung Kidul dibatasi oleh perbukitan karang dan menawarkan fasilitas yang cukup lengkap untuk wisatawan. Tak heran jika pantai ini menjadi destinasi populer yang digemari wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan sungguh indah memanjakan mata.

Artikel media Taboola

Ingin mengunjungi wisata pantai Indrayanti Gunung Kidul bersama keluarga? Berikut beberapa informasi pendukung wisata pantai Indrayanti Gunung Kidul yang perlu anda ketahui.

2 dari 3 halaman

Sejarah Nama Pantai Indrayanti

Indrayanti adalah sebuah pantai di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus di sebelah Pantai Sundak.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah di sepanjang bibir pantai. Selain terkenal dengan pasir putihnya, wisatawan juga dimanjakan dengan keindahan alam, kebersihan lokasi, dan fasilitas yang lengkap.

Sebenarnya Indrayanti bukanlah nama resmi dari pantai ini. Tahukah Anda bahwa nama Indrayanti berasal dari sebuah restoran yang tidak jauh dari pantai? Ya! Restoran Indrayanti merupakan restoran yang cukup terkenal di kalangan wisatawan sehingga menjadi landmark dan trademark tempat ini.

Maka, tanpa sengaja dari mulut ke mulut, tempat ini akhirnya lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri berasal dari gabungan nama pemilik restoran yang bersangkutan yaitu Bapak Indra dan Ibu Yanti. Menarik bukan? Dan ternyata pantai Indrayanti memiliki nama resmi tersendiri yang diberikan oleh pemerintah setempat.

Adalah Pantai Pulang Sawal, demikian nama resmi tempat wisata pantai ini yang lebih dikenal dengan nama Indrayanti. Pemerintah terus melobi untuk nama resmi pantai ini, namun yang mungkin sudah diketahui oleh masyarakat setempat dan sebagian besar wisatawan lokal adalah Pantai Indrayanti, Gunung Kidul.

3 dari 3 halaman

Jarak tempuh Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.

Ada 2 rute dari Wonosari ke Pantai Indrayanti. Pertama melalui jalur selatan, melewati Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Sundak dan ke timur menuju Pantai Indrayanti.

Rute kedua melalui Wonosari, dari pertigaan di Wonosari ambil rute menuju Pantai Sundak, Pantai Siung dan Pantai Wediombo. Untuk mencapai pantai Indrayanti, perjalanan Anda cukup mudah karena kondisi jalan yang sudah bagus.

Disarankan untuk tetap membawa kendaraan sendiri karena masih belum ada kendaraan umum yang bisa mengantar Anda dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Indrayanti.

Fasilitas Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul memiliki berbagai fasilitas untuk memanjakan para pengunjungnya. Sebut saja jet ski, gazebo, restoran, homestay, mushola, tempat parkir yang luas dan pedagang kaki lima yang menjajakan sembako di sepanjang pantai.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di pantai Indrayanti. Ada yang berfoto selfie lucu, bermain air di pinggir pantai, ngobrol sambil makan di gazebo dan masih banyak lagi. Ya, beragam menu tersedia di pantai ini, mulai dari olahan seafood hingga nasi goreng dan mie instan.

Selain itu, Pantai Indrayanti juga cocok bagi Anda yang ingin bermalam dan menikmati suasana eksotik khas pantai.

Tiket Masuk Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Harga tiket masuk wisata pantai Indrayanti Gunung Kidul adalah 10.000 rupiah. Sewa payung dikenakan 20.000 rupiah, sewa gazebo 30.000 rupiah, biaya operasional untuk penggunaan fasilitas umum seperti toilet dan kamar mandi untuk menyiram 2.000-5.000 rupiah, sedangkan harga sewa jet ski 250.000 rupiah/ 15 menit.

(mdk/edl)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button