Wisata Pansela Kejar Perekonomian Jawa Tenggara - WisataHits
Jawa Timur

Wisata Pansela Kejar Perekonomian Jawa Tenggara

Jakarta (ANTARA) – Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) akan mendorong pariwisata dan memperlancar arus barang dan jasa, sehingga membantu mengatasi keterbelakangan ekonomi kawasan tenggara hingga mengejar Jawa.

“Ada potensi wisata alam seperti pantai dan jalur hijau di bentang alam yang menjadi aset jalur Pansela. Dengan potensi tersebut diharapkan pembangunan Jalan Pansela menjadi pendorong untuk mengejar ketertinggalan ekonomi di Jawa Timur bagian selatan,” kata Febry Calvin Tetelepta, Wakil Kepala Staf Kepresidenan I, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu. Jakarta, Kamis.

Febry mengatakan, potensi wisata Jalan Pansela juga akan meningkatkan pendapatan daerah di berbagai daerah di Jawa Timur bagian selatan (Jawa Timur).

Beberapa potensi wisata di sekitar Jalan Pansela antara lain Pantai Kuteng Watulimo di Trenggalek dan Pantai Genjor di Tulungagung.

Baca Juga: Khofifah Optimis Penyelesaian Jalan “Pansela” Kavling 9 Akan Dorong Perekonomian Malang Selatan

Karena itu, kata Febry, KSP terus mendorong percepatan pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Pansela yang juga merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN). Upaya percepatan pembebasan lahan antara lain penerbitan revisi Perjanjian Pemanfaatan Hutan (PPKH) yang dijadwalkan selesai pada November 2022.

Febry mengatakan KSP memimpin rapat koordinasi antar kementerian dan lembaga di Blitar, Jawa Timur, Senin (17/10) lalu. Dalam pertemuan itu disepakati Pemprov Jatim akan mendukung anggaran pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Pansela.

Selain itu, Kementerian PUPR akan mengajukan dana talangan pembebasan lahan setelah persyaratan administrasi dari pemerintah daerah terpenuhi.

“Memang jika infrastruktur dasar penunjang Jalan Pansela bagus dan terencana dengan baik, investor akan mudah masuk. Sebagai kepala daerah tolong buat analisa apa saja yang akan dibutuhkan setelah selesainya pembangunan Jalan Pansela,” kata Febry.

Jalan Pansela di Jawa Timur membentang dari Kabupaten Pacitan hingga Kabupaten Banyuwangi dan melewati sejumlah kabupaten lainnya yaitu Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang dan Jember.

Saat ini realisasi pembangunan Jalan Pansela d Jawa Timur telah mencapai 340,72 kilometer (km) dari total panjang 627,58 km.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button