Wisata Murah Alun-Alun Juwana di tengah kota - WisataHits
wisatahits

Wisata Murah Alun-Alun Juwana di tengah kota

Harga tiket masuk Juwana Square : Gratis Jam buka : 24 jam No. Telepon: -Alamat: Doropayung, Kauman, Juwana, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59185

Alun-alun Juwana merupakan kawasan hijau terbuka di Kabupaten Pati. Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas. Misalnya jogging, wisata kuliner, jalan-jalan, santai dan foto-foto. Khusus untuk anak-anak bisa bermain permainan seperti mandi bola dan odong-odong.

Area tersebut berupa lapangan dengan rerumputan hijau segar. Ditambah dengan hijaunya pepohonan di sekitar kawasan membuat kawasan tersebut semakin asri. Selain itu, kawasan ini berhadapan dengan Masjid Raya Juwana yang berada Tengara Kabupaten Pati.

Harga Tiket Lapangan Mauk Juwana

Alun-alun Juwana merupakan ruang publik, sehingga harga tiket masuknya tidak tetap. Siapa pun dapat mengunjungi dan menikmati fasilitas tanpa membayar biaya apapun.

Harga Tiket Juwana Square
Tiket masuk Gratis

Baca: Tiket Bukit Kayangan Pati dan Aneka Aktivitas

Jam Buka Lapangan Juwana

Kawasan wisata ini hampir tidak pernah tutup. Baik hari kerja, akhir pekan maupun hari libur. Juwana Square selalu buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Tidak ada batasan waktu untuk jam buka.

Jam buka
Hari Jam
Setiap hari 24 jam

Objek wisata Alun-alun Juwana

Ukuran Alum-alun Juwana tidak terlalu luas. Namun, setiap hari kawasan ini selalu dipadati warga setempat. Terutama di akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu. Banyak orang tertarik untuk datang karena atraksi berikut.

Wisata kuliner

Alun-alun Juwana terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Di sepanjang trotoar banyak pedagang kaki lima yang berjualan. Kebanyakan yang dijual adalah menu makanan dan minuman khas Indonesia. Salah satu yang paling terkenal di daerah Pati adalah Nasi Gandhul.

Nasi gandhul adalah nasi putih biasa yang ditaburi kuah kecokelatan. Kuahnya terasa nikmat saat menyentuh lidah. Agar lebih nikmat, tambahkan topping seperti lidah, otak, dan daging sapi. Sebagai pelengkap, lauk pauk juga ditawarkan dalam bentuk gorengan panas.

Satu porsi Nasi Gandhul biasanya dijual dengan harga sekitar Rp25.000. Selain itu, ada juga tahu petis yang menjadi makanan favorit pengunjung. Menu lainnya ada bakso, mie ayam, martabak goreng, kebab turki dan sate. Untuk menikmati aneka makanan ini, Anda bisa memilih bersila dengan menggelar tikar di atas fingerboard.

Baca: Wajah Baru PATI ALUN-ALUN Punya Banyak Spot Cantik

Masjid Raya Juwana

Kemegahan Masjid Raya Juwana.Masjid Raya Juwana merupakan salah satu landmark Kabupaten Pati di Jawa Tengah. Foto: Googlemap/Aries PadaMu

Atraksi Alum-alun lainnya adalah Masjid Raya Juwana. Letaknya persis di seberang Juwana Square. Tepatnya di Jalan Pantura di depan sebuah gang yang sangat sering dipadati pedagang kaki lima. Sedangkan untuk mencapai lokasinya, Anda hanya perlu melintasi jalan raya.

Dari kejauhan, masjid ini tampak memukau dengan dekorasi atapnya yang berbentuk limas. Lalu di bagian depan terdapat kubah emas yang sangat indah. Sekitar 12 tahun lalu masjid ini mengalami renovasi untuk mempercantik arsitekturnya. Akhirnya selesai dan diresmikan pada 31 Oktober 2020 oleh Bupati Pati.

Desain Masjid Raya Juwana sendiri merupakan perpaduan budaya modern dan tradisional. Hal itu terlihat pada 4 tiang penyangga jati yang masih dipertahankan hingga saat ini. Di tengahnya terdapat lampu gantung bergaya klasik.

Baca: Tiket Waduk GEMBONG & Area Camping Seru

Dipasang

Mandi bola jalan-jalan di Alun-alun Junawa.Alun-alun Jumawa menawarkan permainan anak-anak seperti odong-odong, kolam bola, kolam pemancingan dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Endrik Setiawan

Selain sibuk dengan penjual makanan. Alun-alun Juwana juga penuh dengan berbagai jenis persewaan permainan yang menarik. Misalnya ada odong-odong, mancing, mandi bola dan masih banyak lagi. Lokasinya sendiri berada di sekitar tugu besar berwarna putih bertuliskan Juwana.

Tentu tidak semua wahana bisa dinikmati secara gratis. Karena yang mengelola bukan pemerintah daerah dan berasal dari kalangan swasta. Pengunjung harus membayar sejumlah uang sesuai tarif yang ditetapkan oleh pemilik kendaraan. Namun jangan khawatir, harganya cukup terjangkau dan tidak akan menguras dompet Anda.

Di sini, wahana yang paling populer adalah pemandian boules. Di sini anak-anak bisa bermain di area yang dipenuhi bola warna-warni. Ada warna kuning, hijau, pink, biru tua dan ungu. Untuk ukuran balon, ukuran mediumnya kecil dan sedang.

Baca: Harga Tiket AMAZON WATERLAND dan Wahana Lengkap

jalan batu refleksi

Jalur batu refleksi di Juwana Square.Trek Batu Refleksi di Alun-alun Jumawa dapat membuat kaki Anda lebih rileks dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Foto: Googlemap/Fitri Rajidpambudi

Alun-alun Juwana memiliki fasilitas kesehatan untuk menghilangkan masalah kaki. Namanya adalah Jalan Batu Refleksi. Lokasinya berada di sebelah kanan tugu Juwana dan di balik beberapa pepohonan hijau. Jalurnya sendiri memanjang hingga ke Masjid Agung Juwana.

Bentuk masing-masing batu di lintasan sedikit berbeda. Ada yang ujungnya bulat rata dan ada yang ujungnya runcing membulat. Untuk warna ada putih, hitam, merah dan abu-abu. Semua batu diposisikan di tanah.

Cara menggunakan track ini tidak terlalu sulit. Pengunjung hanya perlu melepas sepatu dan menginjaknya. Bagi yang belum pernah mencobanya, pasti terasa sakit pada awalnya. Namun jika lama kelamaan terbiasa, akan terasa biasa saja.

Meredakan

Ruang terbuka hijau ini sudah memiliki sejumlah fasilitas yang memadai. Mulai dari tempat parkir yang luas, ruang makan yang lengkap dan area masjid. Bagi yang suka olahraga, ada jogging track. Dan jika ingin bersantai, Anda bisa duduk di bangku taman yang ada di sekitar alun-alun.

Lokasi Tempat Juwana

Taman kota ini terletak di Doropayung, Kauman, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa naik bus Trans Semarang dari 3 jalur. Yaitu Koridor 2 (Terminal Sisemut – Terboyo) dan Koridor 3 (Pelabuhan Kagok – Pelabuhan). Serta koridor 4 terakhir (Cangkir – Ngaliyan – Stasiun Tawang).

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button