Wisata menarik dan populer di Solo, jangan sampai ketinggalan - WisataHits
Jawa Barat

Wisata menarik dan populer di Solo, jangan sampai ketinggalan

Wisata menarik dan populer di Solo, jangan sampai ketinggalan

Wisata menarik dan populer di Solo, jangan sampai ketinggalan
Keraton Surakarta Mangkunegaran. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com – Berwisata di Solo bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata untuk berekreasi. Apalagi dengan biaya di Solo yang terkenal murah dan mudah dijangkau, Kota pewarna dasi Tempat ini juga menawarkan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Kota Solo berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo di sebelah timur dan barat, serta Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.

Artikel media taboola

Di sisi timur kota ini Anda akan menemukan sungai yang diabadikan dalam sebuah lagu, Bengawan Solo. Maka Anda juga tidak boleh melewatkan wisata sejarah dengan mengunjungi keraton Kasunanan dan Mangkunegaran.

Masih banyak destinasi menarik lainnya untuk dikunjungi di Solo. Berikut kami sampaikan beberapa wisata di Solo yang bisa anda kunjungi.

2 dari 4 halaman

Masjid Agung Surakarta

Wisata pertama di Solo adalah Masjid Agung Surakarta. Dikutip dari liputan6.com, Masjid Agung ini memiliki sejarah panjang peradaban Islam di kota Solo. Masjid di dekat Alun-Alun Utara ini terus direnovasi agar bisa digunakan seperti masjid pada umumnya. Lokasinya juga menawarkan tempat wisata lainnya di alun-alun.

Bagi umat Islam, Masjid Agung Surakarta bisa menjadi pilihan untuk berkunjung dan beribadah. Fasilitasnya juga lengkap, selain itu terdapat poliklinik, perpustakaan dan serambi yang disediakan oleh pemilik atau pengelola masjid.

Grojogan Sewu Tawangmangu

air terjun grojogan sewu

©2020 Merdeka.com/gunung.id

Wisata solo kedua adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Destinasi wisata ini cocok bagi anda yang mencari wisata alam di Solo. Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang indah dan tebing-tebing hijau yang melengkapi panoramanya. Tempat di Karanganyar Jawa Tengah ini cocok dikunjungi jika Anda ingin bersantai dan menikmati kesegaran alam.

Dari kota Anda harus menempuh jarak 37 km dengan sepeda motor atau mobil. Tiket masuknya juga cukup murah. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 21.000 per orang untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini.

3 dari 4 halaman

Istana Pusaka Solo

Wisata di Solo yang ketiga adalah The Heritage Palace Solo. Dibuka sekitar tahun 2018, Anda akan menemukan gedung wisata dengan nuansa Eropa di lokasi ini. Tempat wisata ini awalnya merupakan pabrik gula peninggalan Belanda dari tahun 1892, yang kemudian diubah menjadi tempat wisata keluarga.

Tentu saja aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di tempat ini adalah fotografi. Pasalnya, hampir setiap sudut tempat ini dikemas dengan nuansa klasik Eropa sehingga sangat Instagramable. Bidik di lokasi seolah-olah Anda berada di negara lain. Anda juga bisa menyewa kostum di sini untuk melengkapi foto Anda. Tiket masuknya seharga Rp 55.000 per orang.

Dunia air pandawa

Wisata keempat di Solo adalah Pandawa Water World. Jika Anda ingin bermain air bersama anak-anak, kunjungi Pandawa Water World. Taman rekreasi ini cukup unik karena menggunakan konsep cerita wayang yang dipadukan dengan permainan yang menarik.

Di tempat wisata ini, Anda akan bertemu dengan tokoh-tokoh Pandawa seperti Arjuna, Puntadewa, Werkudara, Nakula, Sadewa, Drupadi dan sebagainya. Dan tentu saja, taman rekreasi ini dikemas dengan wahana yang mendebarkan termasuk kolam ombak, menara observasi, seluncuran, spa hangat, spa aerasi dan banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Desa Wisata Batik Kauman

Untuk wisata solo kelima, Anda bisa mengunjungi Desa Wisata Batik Kauman. Solo dikenal sebagai kota tie dye. Kita bisa melihat julukan desa wisata di sini. Terletak di pusat Kota Solo, Kampung Wisata Batik Kauman mengajak Anda untuk mengenalnya lebih dalam pewarna dasi.

Menariknya, semua batik di desa ini dibuat dengan tangan, juga dikenal sebagai buatan sendiri. Maka tak heran jika harga kemeja tie dye bernilai tinggi. Banyak pelanggan yang mengunjungi tempat ini juga dari luar negeri. Keindahan pakaian dan kesederhanaan pengolahannya memberikan daya tarik tersendiri bagi batik ini.

Candi Ceto

Wisata terakhir di Solo adalah Candi Ceto. Mengunjungi pura ini akan membuat Anda serasa berada di Pura Lempuyangan di pulau Bali. Candi Ceto berarsitektur Hindu dan Nusantara. Keunikan lain dari candi ini adalah letaknya yang berada di ketinggian 1.496 meter di atas permukaan laut, menjadikannya salah satu candi tertinggi di Indonesia.

Spot foto yang tidak boleh dilewatkan adalah gerbang dengan latar belakang langit biru. Berfoto dengan latar belakang ini akan membuat Anda merasa seperti berada di atas awan. Selain menikmati bangunannya, Anda juga akan disuguhi pameran alam dan budaya yang menawarkan pengalaman wisata menarik. Untuk tiket masuknya kamu hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang.

[ank]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button