Wisata Kebon Pring Ledok Tinjon Sleman siap menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui UMKM - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Kebon Pring Ledok Tinjon Sleman siap menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui UMKM

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Kebon Pring Ledok Tinjon di Desa Madurejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman merupakan salah satu destinasi wisata minat khusus fotografi dan menawarkan wisata yang unik.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Peduli Wisata Yogya Arif Prihantoro mengatakan Kapanewon Prambanan memiliki banyak tempat wisata, baik dusun yang berpotensi menjadi tujuan wisata karena keunikannya.

Pasalnya, Kapanewon Prambanan memiliki suasana pedesaan yang kental dengan masyarakat, keindahan dan budaya desa.

Seperti Wisata Kebon Pring Ledok Tinjon yang merupakan salah satu destinasi wisata pedesaan dan dikelola oleh pemerintah kota setempat.

“Ledok Tinjon merupakan kawasan wisata minat khusus. Dimana tempat ini merepresentasikan rerimbunan bambu sebagai objek olah raga foto para fotografer profesional,” kata Arif dalam keterangan resminya, Minggu (25/12/2022).

Digagas sejak tahun 2018, wisata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Pasalnya, kini banyak ibu rumah tangga di daerah yang bisa menjual produk kuliner berupa produk UMKM.

“Sedikit demi sedikit perekonomian masyarakat sekarang mulai membaik. Dengan adanya wisata ini,” ujarnya.

Direktur Pariwisata Pring Ledok Tinjon Ismanto menambahkan, banyak fotografer dari berbagai daerah di Indonesia yang datang ke lokasi saat ini. Karyanya juga telah ditampilkan di kompetisi internasional.

“Keunggulannya memang ada rumpun bambu. Sinar matahari yang masuk melalui celah-celah dedaunan, terutama di pagi hari, memberikan kontribusi pada suasana pedesaan yang sangat padat,” terangnya.

Ismanto menambahkan, seiring berjalannya waktu, masyarakat setempat mulai sadar akan pariwisata.

Generasi muda sudah terlibat dalam pengembangan wisata foto berbasis minat ini.

Pada kesempatan tersebut ada acara yang juga menyampaikan pernyataan dari pemangku kepentingan UMKM. Keduanya tergabung dalam Forum UMKM Madurejo.

Hal ini sebagai bentuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional sehingga terwujud situasi Kamtibma yang kondusif.

“Forkom Madurajo UMKM siap mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Pring Ledok Tinjon berkeinginan untuk mewujudkan destinasi wisata yang aman dan nyaman untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Kasubdit 2 Dit Intelkam Polda DIY, AKBP Dwi Prasetyo sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Karena ini bisa menjadi tujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat dan berkembangnya UMKM.

Karena perkembangan destinasi wisata akan berdampak positif bagi perkembangan UMKM di daerah tersebut.

“Kami sangat mendukung kegiatan yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat melalui UMKM yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button