Wisata Jambu Kristal Bandungrejo Bojonegoro bisa memetik buah langsung dari pohonnya - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Jambu Kristal Bandungrejo Bojonegoro bisa memetik buah langsung dari pohonnya

Bojonegoro, Jurnal Jawa Timur – Agrowisata Jambu Kristal Merah di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro kini ramai pengunjung. Di tempat wisata ini, pengunjung tidak hanya bisa mencicipi jambu kristal, tapi juga memetiknya langsung dari pohonnya.

Desa Bandungrejo dikenal sebagai wisata buah lengkeng. Namun kini desa tersebut juga mengembangkan potensinya pada buah jambu kristal merah.

Bagi Anda yang belum pernah ke sana, mengakses lokasi wisata Jambu Biji Kristal Merah tidaklah sulit. Lokasinya berjarak 5 km dari pertigaan Polsek Ngasem dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 7 menit.

Bagi pengguna roda empat juga mudah karena jalannya lebar dan beraspal. Tiba di lokasi jalan beraspal dan Nglenyer. Di kedua sisi jalan Anda akan disuguhi rangkaian kebun jambu kristal merah dan kebun lengkeng hijau.

Salah satu pengelola Kebun Jambu Kristal Merah, Damun, 50 tahun, mengatakan, kebun itu sudah berdiri sekitar satu tahun. Hingga saat ini pengunjung selalu ramai.

“Jambu kristal merah ini merupakan persilangan antara jambu kristal dan jambu biji merah. Ini satu-satunya di Bojonegoro,” ujarnya, Sabtu (29/10/2022).

Dijelaskannya, sekitar 600 pohon berada di kebun dan memasuki masa panen. Dengan harga sekitar 15.000 rupiah per kilogram. Pemilik tanah rata-rata menjual Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Sementara pengunjung tidak hanya datang dari Bojonegoro tetapi juga dari luar daerah seperti Blora, Jawa Tengah. Ia mengatakan, pemasaran buah jambu kristal merah juga sudah merambah ke media sosial.

“Manfaat lain dari pembangunan jalan aspal ini berdampak pada perekonomian masyarakat, terutama petani karena aksesnya sangat mudah,” ujarnya.

Sementara itu, Suprihadi, Kepala Dinas Kesra Desa Bandungrejo Kecamatan Ngasem, mengatakan pihaknya mendukung penuh potensi wisata Kebun Jambu Kristal Merah.

“Semoga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Suprihadi.

Apalagi saat ini, kata dia, kawasan Bandungrejo sudah didukung dengan jalan yang sudah dicor dan diaspal, sehingga memudahkan masyarakat untuk menuju tempat wisata tersebut.

“Desa Bandung memiliki banyak potensi wisata yang belum tergarap secara maksimal. Selain keberadaan jambu kristal merah, juga ada kebun lengkeng, ayam petelur dan juga peternak lebah,” ujarnya.

Dapatkan berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow journaljatim.com di Instagram dan Google News kicauan Jurnaljatim.com.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button