Wisata Edukasi SMKN 1 Bawen: Keahlian Perhotelan Siapkan pemandu wisata dan pemandu - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Edukasi SMKN 1 Bawen: Keahlian Perhotelan Siapkan pemandu wisata dan pemandu

Dua ‘pemandu wisata’ (topi hitam) bersama anak-anak SD Mardi Rahayu di kandang ayam SMKN 1 Bawen. (Foto oleh HERU SANTOSO).

HUNGARIA | KopiPagi: Sejak September 2022, sudah puluhan kali dilakukan anak-anak dari industri perhotelan atau dengan kemampuan profesional menjadi “Tour Leaders/TL” atau pemandu wisata bagi pengunjung SMK Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang.

Ria Eka Yunita, Guru Spesialis (Mapel) “Pemandu Wisata”, mengaku sejak September 2022 kunjungan program “Pendidikan/Pariwisata” di SMKN 1 Bawen meningkat tajam. Bahkan hampir setiap hari silih berganti dari Jawa Tengah mulai dari TK, SD, SMP dan anak bekerja, datang dari berbagai daerah di Kabupaten Semarang pada khususnya dan umumnya. Bahkan, beberapa di antaranya berasal dari luar Jawa.

“Anak-anak yang menjadi ‘pemandu’, anggota ‘pemandu/TL’ atau biasa disebut pemandu wisata, selama kegiatan dan dalam kelompok. Bahkan, mereka mendapat bimbingan dan pelatihan sebelum melaksanakan kegiatan. Kemudian, setelah kegiatan atau tugas, ada evaluasi. Intinya harus rela menghadapi pengunjung yang berbeda-beda,” jelas Ria Eka Yunita, yang juga sebagai penasehat tambahan “pemandu wisata”.

Ia menambahkan, hingga saat ini, sebagai “pemandu wisata”, anak-anak ini sangat antusias melayani pengunjung. Karena disinilah anak mulai dari masalah dan harus bisa menyelesaikannya. Bahkan, rata-rata orang mengakui bahwa mereka merasa sangat tertantang untuk menjadi “pemandu wisata” atau “pemandu wisata”.

“Harus mau aktif belajar dan memahami karakter yang selalu berbeda dengan pengunjung. Misalnya, jika ada pengunjung dari TK atau SD kecil, mereka masih menangis, takut, malu dan berbeda. Anak-anak yang bertugas harus bisa memahami karakter ini. Selain itu, ini adalah kesempatan untuk berlatih melawan hadirin dan melatih mental,” kata Ria Eka didampingi Widodo P, Kepala Program Keahlian Perhotelan SMKN 1 Bawen koranpageline.comdi lobi Hotel Agrika.

Pada Jumat (10/7/2022) SMKN 1 Bawen menerima kunjungan edukasi dari SD Mardi Rahayu Ungaran Kabupaten Semarang kepada anak 96 Kelas 5 Semarang. Sehari sebelumnya, Kamis (10/6/2022), 86 anak kelas 4 SD dikunjungi oleh SD Mardi Rahayu.

Sementara itu, Muria Sava P (Guru Kelas IV SD Mardi Rahayu Ungaran) mengatakan, kegiatan yang dilakukannya di SMKN 1 Bawen merupakan program pembelajaran sepulang sekolah. Disini siswa diajak untuk terjun langsung ke lapangan, hal ini sesuai dengan mata pelajaran.

“Hari ini kami mengajak anak-anak untuk melihat langsung perkembangan hewan ternak khususnya ayam petelur. Dan kami mengajak Anda untuk melihat langsung ke kandang ayam dan perawatannya. Jadi itu bukan hanya teori, jadi Anda tahu kebenarannya. Bahkan, hari ini anak-anak sangat senang diajak ke kandang ayam dan menangkap ayam. Yang jelas anak-anak lebih terbuka dengan apa yang mereka pelajari,” kata Mutia didampingi Fransisca Novianti yang mendampingi anak-anak di SMKN 1 Bawen. ***

Wartawan: Heru Santoso.

Source: koranpagionline.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button