Wisata Edukasi Desa Bodogol, Mengumpulkan Berbagai Jenis Hoya - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Edukasi Desa Bodogol, Mengumpulkan Berbagai Jenis Hoya

Trubus.id — Desa Bodogol, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengoleksi berbagai jenis Hoya. Tentu saja jika Bodogol dikenal dengan sebutan Kampung Hoya. Beberapa koleksi Hoya disana antara lain Hoya kemaluan, Hoya latifolia,dan Hoya multiflora.

Desa Bodogol Hoya merupakan kawasan ekowisata yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BTNGGP). Kawasan tersebut juga ditetapkan sebagai kawasan Pusat Pendidikan Konservasi Alam (PPKAB) Bodogol.

Menurut Ferry Fadli, ketua Asosiasi Bodogol Desa Hoya, Kelompok Pemuliaan Tanaman Hoya didirikan pada tahun 2018. Paguyuban itu terbentuk setelah revitalisasi Bodogol berlangsung di PPKAB.

Melalui kegiatan inilah Ferry dan rekan-rekannya memunculkan ide untuk mengembangkan tanaman Hoya. Tanaman anggota keluarga harapan Apocynaceae dapat tumbuh dan memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Saya berharap ketika perusahaan menarik lahan, Hoya Annex bisa menjadi mata pencaharian pengganti bagi warga,” kata Ferry.

Sri Rahayu, peneliti Pusat Penelitian Perlindungan Tanaman dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan, seluruh kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), yang meliputi kawasan wisata Bodogol, Cibodas, Selabintana dan Situgunung, kawasan ini memiliki spesies Hoya, kebanyakan di Bodogol.

Berdasarkan penelitian, 8 spesies Hoya telah diidentifikasi di daerah tersebut dari total 10 spesies Hoya yaitu Hoya multiflora, Hoya latifolia, Hoya lakunosa, Imperialis Hoya, Hoya Coronaria, Hoya plicata, Kampus Hoyadan Hoya vitellinoides.

“Kawasan Bodogol merupakan cagar biosfer di kawasan Taman Gunung Gede Pangrango yang kaya akan spesies Hoya,” kata Sri.

Menurut Ferry, ada 13 jenis tanaman hoya di Desa Bodogol Hoya. Selain 8 spesies Hoya yang tumbuh di TNGGP, juga mengimpor Hoya dari pulau Kalimantan, Sumatera dan Papua.

“Kami berharap memiliki koleksi Hoya terlengkap,” kata Ferry.

Dia mendapatkan pabrik Hoya dari area TNGGP. Pihaknya mengaku izin menanam dan mengambil bibit di lahan tersebut. Dia menanam tanaman Hoya dari hutan di rumah tanaman seluas 80 m2.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button