Wisata di Purwakarta populer dan murah, cocok untuk destinasi liburan keluarga - WisataHits
Jawa Barat

Wisata di Purwakarta populer dan murah, cocok untuk destinasi liburan keluarga

Wisata di Purwakarta populer dan murah, cocok untuk destinasi liburan keluarga

Merdeka.com – Purwakarta merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang berjarak sekitar 80 km tenggara jakarta. Distrik kecil ini dikenal sebagai kota pensiun, di mana Anda akan merasakan suasana damai dan tenang, jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan lalu lintas manusia seperti di perkotaan.

Namun, sepertinya julukan itu sudah tidak relevan lagi. Pasalnya, pemerintah Purwakarta telah mengembangkan kabupaten ini menjadi kawasan yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, kini terdapat berbagai tempat wisata di Purwakarta yang menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler bagi masyarakat Indonesia.

Artikel media taboola

Wisata alam dengan pemandangan yang indah dan asri, wisata air dengan berbagai wahana dan pertunjukan, hingga wisata edukasi untuk keluarga cocok di sini. Tentunya bagi Anda yang berdomisili di ibu kota, berbagai wisata di Purwakarta ini bisa menjadi destinasi liburan untuk bersantai di akhir pekan.

Tentunya Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk mengunjungi salah satu atau beberapa tempat wisata populer tersebut. Jangan khawatir, berbagai tempat wisata ini cukup murah dan terjangkau, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk rekreasi di Purwakarta. Dari berbagai sumber kami rangkum beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta.

2 dari 4 halaman

Wisata di Purwakarta: Waduk Jatiluhur, Jatiluhur Waterworld

Wisata pertama di Purwakarta yang bisa dikunjungi adalah Waduk Jatiluhur. Ini adalah danau buatan pertama di Indonesia yang dibangun sejak tahun 1957. Awalnya, waduk ini berfungsi sebagai sumber irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan bahan untuk air minum.

Seiring berjalannya waktu, waduk ini banyak dikunjungi pengunjung karena merepresentasikan pemandangan alam yang indah. Air waduk yang tenang dan luas dengan latar belakang bukit di ujung waduk menjadi daya tarik tersendiri.

Karena itu, pemerintah kemudian terus mengelolanya dan Waduk Jatiluhur berkembang menjadi tempat wisata bagi masyarakat. Sudah, berbagai fasilitas seperti selancar angin, dayung, sky water, pemancingan dan akomodasi telah disediakan bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menjelajahi objek wisata ini lebih lama.

Wisata di Purwakarta yang bisa menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Jatiluhur Waterworld. Ini adalah wisata air yang menampilkan berbagai wahana. Di sini kamu bisa berenang di kolam renang jernih yang telah disediakan, kamu juga bisa bermain seluncuran air, ember, bungee trampolin bahkan flying fox.

Tentunya tempat ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Anda bisa mengajak si kecil menikmati akhir pekan dengan mencoba berbagai wahana menarik. Tempat wisata ini berjarak 120 km dari Jakarta atau 76 km jika Anda berangkat dari kota Bandung.

3 dari 4 halaman

Wisata di Purwakarta: Giri Tirta Kahuripan, Situ Wanayasa

Tempat wisata di Purwakarta yang tidak kalah menarik adalah Giri Tirta Kahuripan. Ini masih menjadi salah satu tempat wisata air paling populer di Purwakarta. Di sini Anda bisa berenang santai di kolam renang besar dengan air yang bersih dan jernih.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba berbagai aktivitas dan fasilitas lainnya seperti sepeda air, lapangan futsal, ATV, dan Skypool. Bahkan akomodasi yang nyaman disediakan bagi pengunjung yang ingin menginap. Seringkali ini menjadi tujuan para pengantin baru yang ingin menghabiskan bulan madu mereka. Anda juga dapat membawa keluarga Anda bersama Anda mengunjungi sebentar di sini.

Situ Wanayasa juga merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang paling populer dan banyak dikunjungi orang. Sesuai dengan namanya, tempat wisata tepi danau ini menawarkan panorama alam yang indah dan sejuk. Di sini Anda bisa melihat danau air tenang yang cukup luas dengan pepohonan hijau yang tumbuh di sekitarnya.

Anda juga bisa mencoba berbagai fasilitas menarik yang disediakan, seperti pedal boat, paddle boat, memancing atau sekedar bersantai di tepi danau. Jika Anda datang bersama keluarga, jangan lupa membawa permadani kecil dan perbekalan makanan untuk merasakan nuansa piknik santai di sini.

4 dari 4 halaman

Wisata Purwakarta: Taman Air Mancur Sri Baduga, Pusat Pertanian Perkotaan

  • Taman Air Mancur Sri Baduga

Wisata di Purwakarta selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Taman Air Mancur Sri Baduga. Ini adalah salah satu landmark paling populer yang dikatakan menyerupai air mancur di Singapura. Di sini Anda bisa menikmati indahnya tampilan air mancur warna-warni dari pantulan cahaya.

Pertunjukan air mancur dengan efek cahaya ini menjadi lebih menarik dan bervariasi dengan hentakan musik yang dibawakan. Pertunjukan air mancur ini biasanya diadakan setiap hari Sabtu pukul 19.30 WIB hingga 22.30 WIB. Ajak anak dan keluarga Anda untuk mengunjungi landmark ini dan jangan lupa mengabadikan setiap momen menarik di kamera sebagai kenang-kenangan.

Pilihan lain untuk dikunjungi di Purwakarta adalah Urban Farming Center. Ini termasuk atraksi pendidikan luar ruangan yang cocok untuk tujuan keluarga. Di sini Anda bisa mengajak anak Anda belajar berbagai hal tentang perkebunan. Mulai dari bercocok tanam hingga berkebun hingga proses berkebun tanaman yang benar.

Tak hanya itu, di sini juga banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jika tertarik, Anda bisa datang langsung ke tempat wisata di One Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Urban Farming Center buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Cukup membayar tiket masuk Rp 15.000 per orang, kamu bisa membeli pengalaman menarik selama berada di sini.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button