Wisata di Klaten Gratis Untuk Peserta Muktamar Muhammadiyah, Dimana Anda? - WisataHits
Yogyakarta

Wisata di Klaten Gratis Untuk Peserta Muktamar Muhammadiyah, Dimana Anda?

clats

Pemkab Klaten akan menyediakan tempat wisata yang dikelolanya untuk peserta Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Solo secara gratis. Ada tiga objek wisata yang saat ini dikelola oleh pemerintah Kabupaten Klaten dan siap digratiskan untuk peserta kongres.

“Hanya ada tiga, wisata air Cokro (Omac), mata air Jolotundo dan perbukitan Sidoguro. Tapi tidak ada persiapan khusus,” kata Sri Nugroho, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Klaten, Senin (7/11/2022).

Nugroho menjelaskan, sejauh ini belum ada persiapan khusus. Pasalnya, mereka akan menggelar rapat koordinasi dalam waktu dekat.

“Sementara ini, belum ada perintah dari dia (Bupati Klaten) sampai sekarang. Kantor akan mengadakan rapat besok pagi,” katanya.

pemantauan Detik Jawa Tengah Tidak ada persiapan yang terlihat di Omac untuk menghadapi potensi peningkatan kunjungan wisatawan. Namun, petugas diketahui sudah mulai membersihkan area Omac.

Kabel listrik di lokasi itu rupanya diperbaiki oleh petugas PLN. Jembatan gantung lama yang menjadi ikon sudah dibersihkan.

Ina, 35, seorang pedagang kaki lima di Omac, mengaku menyambut baik kunjungan para peserta kongres Muhammadiyah itu. Diharapkan pendapatan para pedagang akan meningkat.

“Ya, saya senang karena pendapatannya bisa meningkat. Saat ini pendapatnya terus turun karena banyak tempat wisata baru di sini,” jelas Ina . Detik Jawa Tengah di lokasi.

Menurut Ina, ada sekitar 60 pedagang di Omac yang menggantungkan mata pencahariannya dari berjualan makanan dan minuman. Namun Omac, yang pernah menjadi ikon wisata air di Klaten, kini memiliki banyak pesaing.

Juga di objek wisata air Jolotundo di desa Gedaren kecamatan Yatinom tidak ada persiapan. Bahkan staf konter tidak tahu tentang paket gratis.

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Klaten akan menggelar sejumlah tempat wisata untuk memeriahkan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Solo pada 18-20 November mendatang. Pelaku kuliner di Klaten juga disarankan untuk tidak melakukannya meretih harga pengunjung yang ingin berkumpul.

“Kami menyiapkan kuliner di sepanjang Jalan Jogja-Solo, kami umumkan kepada para pengusaha kuliner karena momen ini tidak selalu terjadi dan sangat penting untuk promosi UMKM. ment (meretih), jangan naikkan harga, harga standar biasa saja,” kata Bupati Klaten Sri Mulyani kepada wartawan usai rapat paripurna di DPRD, Jumat (4/11).

Tidak hanya kuliner, jelas Sri Mulyani, pemerintah Klaten telah menyiapkan semua tempat wisata untuk peserta kongres. Atraksi khusus yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten ini gratis.

“Tempat wisata di kawasan Polanharjo, Rawa Jombor dan wisata air strategis lainnya sudah kami siapkan bersama Panitia Musyawarah. Cuma tiket standar, untuk yang milik Pemkab saja yang gratis dan yang dikelola Desa tidak dinaikkan,” kata Mulyani.

Tonton video “Bertemu Putri Duyung di Umbul Ponggok, Klaten”.
[Gambas:Video 20detik]
(ah/rih)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button