Wisata Curug Gongseng Air terjun yang indah di pinggir bebatuan, rekomendasi untuk dikunjungi - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Curug Gongseng Air terjun yang indah di pinggir bebatuan, rekomendasi untuk dikunjungi

INSIDEN24.COM-Curug Gongseng merupakan destinasi wisata alam yang menampilkan keindahan air terjun yang mengalir di antara bebatuan sehingga memberikan nuansa asri dan alami.

Keindahan alam di sekitar air terjun memiliki ciri khas tersendiri yang mampu menarik perhatian berbagai pasang mata.

Selain keindahan air terjunnya, wisata Curug Gongseng juga memiliki sejarah Zaman Megalitikum dengan bukti ditemukannya situs cagar budaya kuno di kawasan wisata tersebut.

Sarana wisata Curug Gongseng peninggalan berupa makam batu bernama Bujal Dayeuh yang ditemukan pada tahun 1967.

Tak hanya itu, peninggalan sejarah berupa kelenting dan kapak genggam dari situs Surip Kidul juga ditemukan di objek wisata Air Terjun Gongseng tahun 1972.

Tempat wisata Curug Gongseng sangat dekat yaitu di Dusun Secatahu, Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Walaupun Wisata Curug Gongseng masih tergolong outdoor, namun jalur lokasinya cukup dapat dilalui, baik dengan sepeda motor maupun mobil dapat ditempuh melalui dua jalur yang dipilih.

Salah satunya melalui jalur Cilimus, lalu menuju Medicarian dan kemudian menuju sumbernya. Setelah menemukan perempatan, Anda bisa melanjutkan berkendara ke arah kecamatan Pesawahan, lalu ke arah desa Cibuntu, dan ke arah Curug Gongseng berada.

Keindahan alam Curug Gongseng yang mempesona dengan tebing-tebingnya yang besar cukup menarik perhatian para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran jika saat menginap di tempat wisata, Anda sebagai pengunjung tentu membutuhkan perlengkapan yang memadai.

Fasilitas yang ada di tempat Wisata Curug Gongseng antara lain :

– Fasilitas parkir yang memadai

– Toilet

– Tempat beribadah

– Tempat makan dan warung kecil

Untuk berkunjung ke Wisata Curug Gongseng ini anda bisa datang kapan saja, tidak tetap pada hari kerja atau akhir pekan.

Curug Gongseng Cibuntu Kuningan tidak memiliki jam buka, jadi Anda bisa berkunjung kapan saja.

Menikmati keindahan alam memang menjadi tujuan wisata yang menakjubkan. Curug Gongseng sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan penyegaran dengan nuansa alam.

Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Air Terjun Gongseng ini, mulai dari selfie yang Instagramable hingga mempelajari sejarah yang tersimpan di balik Air Terjun Gongseng ini.

Tips menikmati keindahan alam Curug Gonseng antara lain:

• Pastikan untuk menggunakan fitur Google Maps untuk mengarahkan Anda ke wisata Curug dengan mudah.

• Anda bisa menyiapkan baju ganti untuk berjaga-jaga saat berwisata di Curug Gongseng.

• Anda juga bisa menyiapkan makanan dan minuman di rumah. Masih ada beberapa stand kecil di kawasan wisata yang menyediakan jajanan.

• Pastikan saat ke tempat wisata Curug Gongseng ini harus mempersiapkan stamina tubuh dengan baik.

• Tetap ikuti semua peraturan dan etika saat berada di kawasan wisata. Seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kelestarian alam.

• Untuk pergi ke tempat wisata, pastikan tidak dalam cuaca hujan karena kawasan wisata cukup licin dan berbahaya.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button