Wisata Curug Ciherang Bogor Exotic Waterfall dengan Berbagai Wahana - WisataHits
wisatahits

Wisata Curug Ciherang Bogor Exotic Waterfall dengan Berbagai Wahana

Air Terjun Ciherang di Bogor salah satu tempat wisata alam yang menyegarkan sambil menikmati keindahan alam pegunungan. Air terjun tiga tingkat dan berbagai wahana menarik.

Harga tiket: Rp40.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Ciherang terlihat tidak asing lagi bagi warga sekitar maupun luar kota. Wisata air terjun ini berada di kawasan Kota Bogor yang dikenal dengan Kota Hujan. Banyak wisatawan mengunjungi air terjun ini untuk menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta atau untuk mencari konteks foto unik dan indah untuk dibagikan nanti di jejaring sosial.

Pemandangan yang terlukis di objek wisata ini tidak kalah menarik dari air terjun Bogor lainnya. Air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menarik banyak wisatawan. Karena letaknya yang berada di dalam hutan, Curug Ciherang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 3 meter ini memiliki debit air yang sangat besar. Sebuah kolam terbentuk di bawah air terjun. Batu-batu besar dengan berbagai ukuran mendominasi area di sekitar kolam dan air terjun. Air terjun di sini sangat dingin, Anda bisa bermain di kolam di bawah air terjun tetapi Anda harus berhati-hati karena batu yang Anda injak berlumut dan licin.

Atraksi Curug Ciherang

Air Terjun CiherangKredit gambar: Twitter kristen239_

Setiap air terjun memiliki kelebihannya masing-masing. Begitu pula dengan Curug Ciherang, Anda bisa menikmati pemandangan alam Bogor dari ketinggian. Selain tempatnya yang sejuk, pemandangan di sekitar air terjun juga sangat cocok untuk selfie.

Kata “ciherang” sendiri berarti “air jernih”. Inilah mengapa air terjun ini sangat jernih sehingga dasar airnya terlihat jelas. Tidak hanya itu, suasana yang asri dan sejuk juga berperan penting dalam melengkapi keindahan pemandangan air terjun. Beberapa atraksi utama Air Terjun Ciherang dapat Anda lihat di bawah ini:

1. Air Terjun Tunggal

Yang membedakan air terjun ini dengan air terjun lainnya adalah memiliki tiga tingkatan. Aliran air yang cepat dan jernih mengalir di semua tingkatan. Batu-batu besar dengan berbagai ukuran dan pepohonan hijau yang menyejukkan mengiringi derasnya aliran air terjun.

Wisatawan yang datang berkunjung selalu betah dengan panorama dan suasana yang disuguhkan air terjun ini. Keunikan Air Terjun Ciherang akan membius setiap pengunjung yang datang.

2. Punya mitos yang bikin penasaran

Ada banyak mitos tentang air terjun ini. Banyak orang di sekitar air terjun yang percaya bahwa air terjun ini adalah tempat pemandian para bidadari dan raja. Kemudian dikabarkan juga ada tempat misterius yang menjadi lokasi para Ascetic Magic People.

Ada juga cerita wisatawan melihat makhluk astral di area sekitar air terjun ini. Ada juga mitos yang beredar bahwa air di Curug Ciherang adalah air suci yang memudahkan seseorang untuk mencari jodoh.

Rupanya, jika seseorang membasuh mukanya dengan air dari air terjun ini, mereka akan segera memiliki pendamping. Tak heran banyak wisatawan muda yang percaya dengan mitos ini dan berbondong-bondong datang ke sini berharap bisa segera bertemu jodohnya.

3. Pemandangan alam yang belum pernah terjadi sebelumnya

Bagi Anda yang bosan dengan jalanan kota yang ramai dan padat, Anda bisa mengunjungi objek wisata ini karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya. Ikon kota Bogor berupa Gunung Gede dan Pangrango akan terlihat jelas di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini.

Tak hanya itu, Anda akan melewati panorama pedesaan sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Alamat dan Arah Lokasi Curug Ciherang

Daya Tarik Curug CiherangKredit gambar: Twitter Goelaxteguh

Air terjun yang memiliki luas 73 hektar ini terletak di jalan menuju Puncak Bogor II di Provinsi Jawa Barat. Air terjun ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan memiliki udara sejuk khas pegunungan. Di sini Anda akan menemukan pemandangan alam berupa hutan dan pegunungan di kawasan Bogor. Lokasi air terjun ini terletak di desa Sirnajaya, kecamatan Sukamakmur, kota Bogor. Akses menuju air terjun ini sangat mudah untuk di akses.

Dari pusat kota Bogor, air terjun Ciherang hanya berjarak sekitar 43 kilometer. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai ke sana jika dijemput dari pusat kota Bogor.

Disarankan untuk menyewa kendaraan atau menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung ke sini karena tidak ada angkutan umum yang rutenya langsung menuju air terjun. Ada beberapa rute yang dapat Anda ambil tergantung pada titik awal Anda. Jika Anda berangkat dari Jakarta atau Depok, akan memakan waktu sekitar 3 jam.

Anda dapat memulai perjalanan Anda dari Sentul City atau dari Cibinong dan kemudian menuju Google Maps ke pasar Jonggol. Tidak jauh dari pasar, Anda sudah sampai di pintu masuk air terjun. Jika Anda berangkat dari Bandung, Anda bisa melalui Jl Raya Cibogo – Ciranjang lalu melewati Jl Chinangsi-Cibogo.

Setelah itu, Anda bisa mengendarai kendaraan Anda menuju kawasan Jonggol. Setelah di daerah Jonggol, Anda dapat menggunakan Google Maps atau meminta penduduk setempat untuk pergi ke air terjun. Air terjun ini tidak jauh dari kawasan Jonggol.

Harga Tiket Masuk Ciherang Bogor

Harga Tiket Air Terjun CiherangKredit gambar: Facebook Deri Ardiansyah

Sebelum pergi berlibur ke air terjun ini, sebaiknya tanyakan dulu waktu operasional dan tiket masuknya. Jika ingin membawa pulang oleh-oleh berupa sesi foto bersama konteks bagus.

Sebelum berangkat, kamu harus tangkapan layar Foto Instagram orang lain yang memiliki angle yang pas. Per Desember 2020, waktu operasional air terjun ini adalah Senin-Minggu 07:00-18:00 WIB. Tiket masuk wisata air terjun ini dipatok sebesar Rp 40.000 per orang.

Harga tiket berlaku untuk pengunjung berusia 10 tahun ke atas dan dewasa. Khusus untuk anak di bawah 10 tahun sama sekali tidak ada biaya masuk atau gratis.

Meski terkesan kurang terjangkau, namun jangan salah, harga tersebut sudah termasuk semua biaya wahana air terjun. Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan uang lebih jika ingin mencoba wahana di area air terjun. Biaya parkir sepeda motor di air terjun ini sebesar Rp 5.000, sedangkan biaya parkir sebesar Rp 10.000.

Tidak perlu khawatir karena kendaraan Anda dijamin aman di sini. Bagi Anda yang ingin liburan lebih lama di sini, ada beberapa hostel yang bisa Anda pilih sebagai tempat menginap.

Akomodasi dalam bentuk homestay, Vilahotel dan bungalo. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda. Tentunya juga disesuaikan dengan budget. Anda hanya perlu merencanakan anggaran sekitar 100.000 hingga 1 juta rupiah per malam.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Ciherang

Aktivitas di Air Terjun CiherangKredit gambar: Google Maps zimi zulkarnaen

1. Bermain air dan berenang di kawasan Curug

Disarankan untuk membawa baju ganti jika ingin bermain air atau berenang di kolam di area air terjun ini. Anda bisa bermain sepuasnya di air terjun ini namun perlu diperhatikan bahwa meskipun air di air terjun dan kolam di sini sangat jernih, Anda harus menyadari bahwa air di air terjun ini sangat dingin. Pastikan tubuh Anda fit agar tidak sakit saat sampai di rumah.

2. Nikmati pemandangan dari wahana populer

Ada dua wahana populer di Curug Ciherang yang memiliki magnet tersendiri di mata wisatawan. Adanya dua wahana berupa rumah pohon dan jembatan gantung dari kayu menjadikan air terjun ini unik dan berbeda dari air terjun lainnya. Rumah pohon ini dibangun di atas pohon besar dan dilengkapi dengan tangga untuk didaki.

Lalu ada jembatan gantung kayu yang menghubungkan pohon besar dengan tebing. Selain menaiki tangga, Anda juga bisa melewati jembatan gantung kayu untuk menuju rumah pohon. Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan lanskap kota Bogor yang bisa Anda nikmati saat mencoba dua wahana populer ini.

3. Berburu spot foto di kawasan Curug

Curug Ciherang memiliki banyak spot foto menarik. Penggemar fotografi tidak akan kesulitan konteks gambar bagus. Spot foto di area air terjun ini sangat indah karena ada kombinasi bebatuan dan pepohonan yang menghiasinya. Spot foto di wahana treetop dan jembatan gantung juga sangat bagus karena pemandangan kota Bogor dari atas terlihat jelas.

4. Berkemah atau menginap di vila

Bagi anda yang ingin bermalam di area air terjun, baik di villa maupun dengan mendirikan tenda harus membayar Rp 15.000.

Biaya sudah termasuk gratis masuk ke kolam renang, jembatan gantung, rumah pohon, kebun strawberry, air terjun, panggangan/bbq, spot foto dan odong-odong. Jika Anda ingin menyewa tanah tempat perkemahanAnda harus membayar Rp 60.000 per orang.

5. Bersantai sambil menikmati masakan

Di area air terjun banyak terdapat warung makan dan minum dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang tidak ingin bermain air, Anda bisa duduk dan bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan sambil memesan makanan dan minuman. Namun, Anda diharuskan untuk menyewa gazebo. Jika tidak ingin menyewa gazebo, Anda bisa menggelar tikar yang Anda bawa dari rumah.

6. Sewa kostum hanbok Korea

Manajer aksi menawarkan penyewaan kostum hanbok untuk penggemar Korea. Hanbok adalah pakaian tradisional Korea yang berwarna-warni. Hanbok ini disewakan untuk dipakai wisatawan sebagai kostum foto saat berada di area air terjun. Berfoto di kawasan wisata air terjun sambil mengenakan hanbok akan menambah keindahan foto yang Anda dapatkan.

Fasilitas yang tersedia di Curug Ciherang

Fasilitas Air Terjun CiherangKredit gambar: Google Maps Hery Yusmana

Air terjun ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pejabat Curug memastikan wisatawan merasa nyaman dan betah menghabiskan liburan di sini bersama keluarga tercinta.

Bagi Anda yang bermain air di air terjun ini, pengelola telah menyiapkan ruang ganti dan ruang bilas. Fasilitas umum lainnya seperti toilet, kamar mandi, warung makan, tempat parkir, tempat ibadah juga tersedia di sini.

Demikian informasi mengenai daya tarik air terjun Ciherang yang sayang untuk dilewatkan. Sebelum mengunjungi air terjun ini, ingatlah untuk memastikan bahwa kondisi fisik Anda dan keluarga dalam keadaan sehat. Pasalnya, udara dingin dari air terjun ini akan sangat menusuk tubuh Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button