Wisata budaya ke Anyer, Komunitas NSBB Kompak rayakan HUT ke-11 - WisataHits
Jawa Barat

Wisata budaya ke Anyer, Komunitas NSBB Kompak rayakan HUT ke-11

Tampilan postingan: 90

Kota Bekasi, MPN
Sekitar 200 anggota Komunitas Nyok Selametin Bahasa Bekasi (NSBB) dari Korwil Kota Bekasi menggelar tur budaya ke kawasan Pantai Anyer, Banten pada Minggu (20/11). Visi dari komunitas ini adalah untuk lebih mempopulerkan bahasa Bekasi di kalangan masyarakat luar daerah, termasuk masyarakat Banten.

Perjalanan wisata budaya ini merupakan program dalam rangka memeriahkan HUT ke-11 atau hari jadi komunitas NSBB. Dengan 3 buah bus dan beberapa kendaraan pribadi, mereka berangkat dari subuh dengan pakaian seragam yaitu Pangsi (pakaian khas budaya Betawi).

Baca juga : AYU TINGTING TAMPILAN MUI (ARTIS6.COM)

Baca juga : VIRAL JENAZAH (BODY) DI OJEK TRANSPORTASI (BANGGAI.MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Berbagai kegiatan diselenggarakan sebagai bagian dari perjalanan budaya, mis. B. budaya banten bekasi, lomba menyanyi, lomba tebak-tebakan dan lomba pantun. Uniknya kompetisi ini, semua peserta harus menggunakan bahasa Bekasi.

Kemeriahan terlihat di setiap kegiatan yang diadakan, begitu juga dengan keikutsertaan Kelompok Solidaritas Gotong Royong Bekasi Raya dalam wisata budaya ini. Begitu juga dengan kekompakan seluruh keluarga besar NSBB yang membuat perjalanan budaya ini menjadi hidup.

Saat diundang untuk menjadi pembicara, Ketua Korwil Kota Bekasi Fatimah Abir menjelaskan, perjalanan wisata budaya ini merupakan silaturahmi seluruh anggota komunitas NSBB dan memperingati 11 tahun NSBB. “Kami menari bersama, menjalin silaturahmi sekaligus memperkenalkan budaya Bekasi kepada orang-orang yang kami temui di kawasan Pantai Anyer,” ujar perempuan yang akrab disapa Mpok Jenong itu.

Menurut Mpok Jenong, komunitas NSBB memiliki agenda rutin saat merayakan Milad dengan menggelar kegiatan yang berkaitan dengan budaya Bekasi. “HUT NSBB kita rayakan dengan hajatan di gedung Joeang Bekasi, kita juga rayakan HUT NSBB dengan menggelar touring motor ke kawasan Cijalu Purwakarta, kita juga touring ke Pantai Muaragembong Bekasi, juga ke kawasan Ciater dan Guci Cirebon. Semua kegiatan ini dikemas dengan budaya Bekasi,” jelasnya didampingi Supandi selaku Sekretaris NSBB Kota Bekasi dan Jaelani selaku Bendahara NSBB Kota Bekasi.

Lebih lanjut Mpok Jenong menjelaskan tentang komunitas NSBB yang terbentuk pada tahun 2011. “Saat NSBB ini berdiri hanya beranggotakan 6 orang, namun sekarang NSBB sudah memiliki 11.000 anggota yang tersebar di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Berdirinya komunitas NSBB, kata Mpok Jenong, didasari oleh kecintaan masyarakat Bekasi untuk terus melestarikan budaya asli Bekasi agar tidak tergerus oleh perubahan zaman. “Salah satu unsur budaya ini adalah bahasa. Nah, sebagai masyarakat asli yang lahir di Bekasi, kita tidak ingin bahasa Bekasi yang menjadi ciri khas orang Indian Bekasi ini dilupakan agar anak cucu kita tidak lebih menginginkan bahasa asing selain bahasa Bekasi. bahasa,” katanya.

Selain melakukan wisata budaya, komunitas NSBB juga kerap menggandeng stakeholder pemerhati seni budaya Bekasi. “Kami ikut menyukseskan pemilihan Abang Mpok Bekasi yang diadakan di gedung Joeang Bekasi tahun 2012, kami juga mendampingi Kong Guntur sebagai pemecah rekor MURI tahun 2013 hingga akhirnya NSBB mendapatkan sertifikat dari Bupati Bekasi sebagai komunitas budayawan Bekasi. pelestarian”, katanya.

Pesan yang disampaikan Mpok Jenong kepada warga kelahiran Kota Bekasi agar tidak pernah malu menggunakan atau memperkenalkan budaya Bekasi. “Dengan menggunakan bahasa daerah Bekasi, kami yakin masyarakat Bekasi akan lebih ramah, bersatu dan memiliki kekeluargaan yang besar, sehingga tidak terpecah belah karena perubahan zaman,” pungkasnya. (mul)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button