Wisata alam favorit Aik Kalak dengan pemandian air panas di Lombok - WisataHits
wisatahits

Wisata alam favorit Aik Kalak dengan pemandian air panas di Lombok

Harga tiket: Rp 3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Aik Kalak memang sudah dikenal banyak orang, khususnya masyarakat Lombok. Namun tidak menutup kemungkinan tempat wisata alam tersebut sering dikunjungi wisatawan dari luar. Destinasi ini menawarkan sumber mata air dengan suhu hangat hingga panas. Pemandian wisatawan dapat memilih tingkat suhu sumber air.

Gunung Rinjani adalah pemandangan yang paling menonjol ketika berhenti di Aik Kalak karena lokasinya yang berada di kaki gunung. Anda juga bisa pergi ke setiap sudut untuk menikmati tebing. Tentu saja pengalaman wisata di sana cukup berbeda dan sangat mengesankan.

Jika ingin berendam atau menikmati air lebih lama, Anda bisa mencari tempat khusus untuk tenda. Menghabiskan malam di sana menyenangkan sambil menghirup udara segar. Ada banyak hal lain yang ditawarkan Aik Kalak, jadi patut ditelusuri.

Daya tarik Aik Kalak

Daya Tarik Aik KalakKredit gambar: Google Maps Raynardthan Pontoh

1. Sajikan pemandian air panas

Aik Kalak adalah tempat berendam di sumber air panas dari kaki gunung. Di bagian bawah terdapat kolam renang yang dibendung airnya. Banyak wisatawan yang mandi di dalamnya karena kandungan airnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Wisatawan diyakini awet muda jika memanjakan diri dengan berendam di kolam air panas sebentar. Wisata ini sudah lama tidak terkenal. Sumber air juga dapat digunakan untuk membuat obat-obatan tertentu dengan mencampur bahan lain. Manfaat yang dihasilkan dapat membawa kemudahan bagi wisatawan.

2. Dekat Perbukitan

Pemandian yang disebut Aik Kalak ini dikenal dekat dengan perbukitan yang menarik perhatian. Pada setiap kunjungannya, wisatawan akan melewati sejumlah perbukitan hijau sebagai pemandangan yang mempesona. Kemudian anda juga akan melihat keindahan Gunung Rinjani yang mempesona.

Panoramanya yang masih sangat alami membuat tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan yang sudah berendam biasanya bersantai di tenda dekat bukit. Kawasan ini memang ramai dengan tenda di akhir pekan karena tempat perkemahan paling ramai.

Anda juga dapat menjelajahi tempat-tempat di dekat tempat wisata untuk menemukan pemandangan eksotis lainnya. Siapkan tenaga dan smartphone yang prima sambil menjelajahi tempat-tempat indah di sekitar Anda.

3. Spot foto yang instagenic

Tempat wisata Aik Kalak sangat menawan sehingga cocok jika dijadikan sebagai tempat hunting foto. Sumber air mengalir langsung ke bawah gunung, yang memberikan kesan indah pada gambar. Bahkan, saat mengambil foto, wisatawan harus terlebih dahulu berdiri dari atas batu karang.

Hasil fotonya nanti akan muncul air yang mengalir dan tertutup embun dari sumber panasnya, sehingga cukup estetis. Jika perlu, wisatawan harus berbelanja di sekitar sini untuk menemukan berbagai spot foto bagus lainnya. Bukit yang didominasi warna hijau segar juga bisa dijadikan sebagai background foto bertema alam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Aik KalakKredit gambar: Google Maps MTC

Aik Kalak berada tepat di bawah kaki Gunung Rinjani, Lombok, NTB. Lokasinya yang berada di bawah gunung berarti destinasi ini harus ditempuh dengan berjalan kaki. Kemiringan yang akan didaki hampir sama dengan jalan menuju Gunung Rinjani. Wisatawan harus bersabar saat mencari lokasi karena memang melelahkan dan cukup jauh.

Wisatawan yang membawa kendaraan dapat memulai pemberangkatannya dari Terminal Mandalika. Ada juga tempat persewaan mobil yang bagus untuk turis dari luar kota. Ambil Jalan Raya Mataram Sikur untuk sampai ke Jalan Raya Anjani. Temukan rute wisata Gunung Rinjani yang dekat dengan pendakian.

Kemudian ketika sampai di jalan Rinjani, Anda bisa memilih jalan berikut. Wisatawan dapat memilih rute melalui Aik Berik, Senaru atau Timbanuh. Jalurnya memang cukup curam dengan jalan tanah yang gersang dan padang rumput. Setelah beberapa jam, wisatawan biasanya menemukan tanda-tanda yang mengarah ke lokasi wisata.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk Aik KalakKredit gambar: Google Maps Himawan Sutanto

Aik Kalak menawarkan tempat mandi gratis yang nyaman. Wisatawan sering mengundang teman dan kerabat ke sini karena pemandian air panas ini sangat ideal untuk dinikmati secara berkelompok. Pendaki yang menuruni Gunung Rinjani juga sering singgah di sini. Tempat pemandian yang menawarkan khasiat air tentu banyak diminati.

Biasanya wisatawan yang akan ke Aik Kalak perlu menyiapkan uang untuk memarkir kendaraannya saja. Harganya selalu sama dengan barang lainnya, yaitu 3.000 untuk sepeda dan 5.000 untuk mobil. Namun, area parkir diketahui jauh dari pusat wisata.

Untuk menemukan objek wisata ini, Anda harus berjalan kaki. Oleh karena itu, kendaraan Anda harus diparkir di lahan yang berdekatan dengan pemukiman.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Aik Kalak

Kegiatan menarik Aik KalakKredit gambar: Google Maps Yumant Yumantoko

1. Perkemahan

Aik Kalak memiliki lokasi yang tidak begitu curam sehingga masih aman jika digunakan untuk kegiatan camping. Berkumpul bersama mengadakan tenda bersama teman-teman merupakan kegiatan yang tidak jarang dilakukan di sana.

Wisatawan yang lelah setelah bermain air bisa beristirahat dan menginap di tempat ini. Selama Anda tinggal, Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun karena ada beberapa turis lain yang mendirikan tenda juga.

2. Berenang

Pemandian air panas yang ada di kawasan populer Aik Kalak sebaiknya dinikmati dengan melakukan aktivitas berendam. Di daerah ini, kita tahu bahwa ada 4 titik yang memiliki suhu berbeda.

Selama Anda berendam, akan ada manfaat yang biasanya dialami dari belerang di sumber air dan bermanfaat untuk merawat kulit. Apalagi area ini juga membuat tubuh lebih sejuk dan pikiran lebih tenang.

3. Jelajahi atau bepergian

Jalan-jalan santai saat datang ke Aik Kalak membuat hati para wisatawan semakin senang. Pemandangan yang disajikan di tempat ini tidak hanya sedikit, tetapi juga memiliki fitur gua, bukit, dan pegunungan.

Wisatawan bersama keluarga bisa menjelajahi kawasan ini untuk mendapatkan pemandangan alam yang menakjubkan. Hal terpenting yang harus Anda bawa dan persiapkan terlebih dahulu sebelum menjelajah adalah sepatu dan air minum.

4. Piknik di Aik Kalak

Destinasi wisata ini merupakan tempat yang sangat seru karena berhadapan langsung dengan kolam renang yang berisi air panas. Setiap kali Anda menoleh dari sudut yang berbeda, Anda dapat menikmati keindahan padang rumput. Oleh karena itu, piknik merupakan kegiatan yang akan sangat menyenangkan selama Anda berlibur di sana. Bawa perlengkapan piknik terbaik agar semakin nyaman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Aik KalakKredit gambar: Google Maps L KH

Aik Kalak tentu memiliki fasilitas yang minim karena lokasinya yang jauh dari gedung dan pemukiman. Sebelum memulai perjalanan di kawasan wisata, wisatawan terlebih dahulu akan disuguhkan fasilitas parkir kendaraan. Lokasinya berada di bagian bawah menara dan dekat dengan rumah warga.

Kamar mandi atau toilet yang mungkin banyak dibutuhkan wisatawan berada di sebelah kawasan wisata. Destinasi di tengah alam ini berarti tidak ada tempat untuk duduk. Wisatawan biasanya membawa alas duduk sendiri, seperti keset atau kain.

Diketahui juga gedung-gedung yang diperuntukkan untuk beribadah belum tersedia karena fasilitasnya belum dikelola secara maksimal. Wisatawan biasanya memilih untuk salat di tenda saat bermalam di sana. Tur ini menyediakan beberapa tempat sampah di sudut-sudutnya. Penjual makanan tidak terlihat karena tidak ada warung atau kios.

Inilah pemaparan terlengkap mengenai Aik Kalak yang memiliki segudang fitur. Sumber air dengan segala kelebihan yang ditawarkan objek wisata ini membuat banyak wisatawan betah. Tempat ini semakin menakjubkan karena dipenuhi dengan perbukitan yang sejuk, tebing dan pegunungan yang indah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button