Wisata alam di Wonosobo memberikan edukasi dan membuat pengunjung happy, happy, happy - WisataHits
Yogyakarta

Wisata alam di Wonosobo memberikan edukasi dan membuat pengunjung happy, happy, happy

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Selalu membawa sukacita. Ini Kabupaten Wonosobo yang dipimpin Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Muhammad Albar.

Kegembiraan dihadirkan oleh wisata alam yang terus meningkat dan berkembang. Salah satunya adalah Wisata Alam Rancangsari yang terletak di Desa Wilayu Selomerto Wonosobo.

Seperti Sabtu lalu (15 Oktober 2022), 111 siswa kelas 1 hingga 6 SD Negeri 2 Distancesari Kabupaten Wonosobo melakukan studi banding dengan konsep edukasi wisata alam di Wisata Alam Rancangsari Desa Wilayu Selomerto.

Pimpinan SDN 2 Distancesari Itut Nawawati mengatakan melihat siswa merasa bosan dengan pembelajaran di kelas, penyelenggara pendidikan SDN 2 Distancesari merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan di luar sekolah untuk meramaikan semangat anak-anak dengan kegiatan di luar ruangan -Kegiatan untuk refreshing yang menarik, menyenangkan dan senang.

Jelas bahwa wisata pendidikan alam tidak hanya bertujuan untuk mengembalikan semangat belajar, tetapi juga bisa melihat potensi dan keindahan alam desa untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan.

“Anak-anak di sekolah jarang menikmati alam pedesaan seperti ini, saya berharap mereka bisa peka terhadap lingkungan alam sekitar sehingga bisa berkontribusi dalam pengembangan wisata alam desa,” ujarnya.

Ana Susilowati, pengelola wisata alam di Rancangsari, mengatakan para siswa sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan wisata alam ini.

Anda akan mendapatkan edukasi sekaligus rekreasi untuk wahana yang ada. Seperti menanam padi, membuat pisau tradisional, menangkap ikan di kolam, membuang sampah dan sebagainya.

“Selain menanam padi, membuat pisau dan memancing, mereka juga mendapatkan pelatihan pengelolaan sampah,” tambah Ana.

Menurutnya, banyak anak zaman sekarang yang terhipnotis dengan permainan teknologi gadget, diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi dampak gadget dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, tambah Ana, pengelola Wisata Alam Rancangsari telah memberdayakan pemuda setempat untuk belajar berwirausaha dan meningkatkan taraf perekonomian.

“Kami memberdayakan pemuda pedesaan untuk menjadi wirausahawan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Danau Cebong

Tidak cukup sehari untuk menikmati keindahan alam di Kabupaten Wonosobo.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button