Wisata air terjun di Malang, salah satu pilihan untuk berlibur - WisataHits
Jawa Timur

Wisata air terjun di Malang, salah satu pilihan untuk berlibur

WAKTU INDONESIA, MALANG – Banyak peluang wisata alam di Kabupaten Malang yang bisa dinikmati saat liburan Tahun Baru 2023, di antaranya sejumlah destinasi wisata air terjun.

Daerah Kabupaten Malang memiliki banyak wisata air terjun yang belum banyak diketahui keberadaannya karena tersembunyi.

Berikut beberapa wisata air terjun di Kabupaten Malang yang belum banyak dikenal di kalangan wisatawan:

Coban Manten

Sasaran pertama adalah Coban Manten di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun cantik ini terletak sekitar 30 km dari kota Malang. Coban Manten juga dikenal dengan nama Coban Kembar.

Di tempat ini, dua air terjun berjejer di tebing layaknya sepasang pengantin. Mungkin itu sebabnya penduduk setempat menyebut air terjun Coban Manten, atau pengantin dalam bahasa Indonesia. Karena letaknya yang tersembunyi dan jarang disentuh, Coban Manten memiliki alam yang sangat alami.

Tak hanya itu, ketinggiannya menawarkan nuansa dan panorama yang unik dibanding uji coba lainnya. Air sejuk yang jatuh dari dua mata air sekaligus dari atas tebing membuat wisatawan betah berada di sini. Penat dan penat akan terbayar dengan sajian alam yang indah.

Coban Manten termasuk dalam sejumlah air terjun lainnya yakni Coban Tengah dan Coban Rondo. Coban Manten berada di atas pegunungan di bawahnya yaitu Coban Tengah dan Coban Rondo.

Untuk mengunjungi Coban Manten dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Coban Manten yang disuguhkan dengan keindahan pemandangan alam di sekitarnya.

Air Terjun Ginting

Malang Selatan dikenal dengan banyaknya air terjun atau cobaan yang tersembunyi. Salah satunya adalah Coban Gintung. Wisata ini berlangsung di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Harga tiket masuk air terjun dan parkir adalah Rp 10.000. Untuk berwisata di Coban Gintung sebaiknya berhati-hati karena akses jalan yang cukup terjal.

Apalagi saat musim hujan ini jalannya cukup licin.

Coba Tundo

Coban-Tundo-in-Sumawe-Kabupaten-Malang.jpgCoban Tundo di Sumawe, Kabupaten Malang. (FOTO: Lingkar Malang).

Masih di Malang Selatan, wisata air terjun selanjutnya adalah Coban Tundo. Terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Letaknya yang tersembunyi membuat air terjun ini sangat cocok bagi anda yang menyukai destinasi wisata ekstrim. Selain itu, kondisi air terjun di titik ini masih bersih.

Air Terjun Coban Tundo berwarna biru muda dengan kedalaman dua meter. Untuk mencapainya, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam dari Kota Malang.

Menurut masyarakat setempat, ada tiga Tundo Turks di Coban. Yakni Coban Tundo Satu yang berada di atas, di bawahnya adalah Coban Tundo Dua dan paling bawah adalah Coban Tundo Tiga.

Coba Kethak

Suasana-Coban-Kethak.jpgSuasana Coban Kethak. (FOTO: Instagram Coban Kethak).

Lokasi destinasi Coban Kethak berada di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Keunikan air terjun di Malang Barat ini adalah adanya batu berkepala singa di bawah aliran air terjun.

Suasananya hampir sama dengan coban lainnya yaitu sejuk dan asri. Keistimewaan selanjutnya dari Coban Kethak adalah memiliki luas sekitar 4 hektar dan banyak ditanami pohon durian dan alpukat.

Ada juga akses jalan yang mudah yaitu persis di sebelah jalan raya hutan Pait atau sekitar 15km dari kecamatan Pujon. Pengunjung dan wisatawan tidak perlu bingung untuk menemukan tempat ini.

Sesampainya di jalan raya hutan, pengunjung harus menyusuri jalan batu sepanjang 25 meter melewati bangunan bambu. Keindahan Coban Kethak langsung terlihat begitu pengunjung dan wisatawan tiba di lokasi.

Selain Coban Kethak dan tiga Coban lainnya, ada beberapa wisata air terjun di Kabupaten Malang yang keberadaannya tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button