Wisata Air Terjun Curug Nangka Menakjubkan di Bogor - WisataHits
wisatahits

Wisata Air Terjun Curug Nangka Menakjubkan di Bogor

Curug Nangka adalah salah satu air terjun dengan pesona alam yang mempesona di Bogor. Sebuah objek wisata di tengah hutan yang bisa memberikan petualangan liburan yang seru.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Sukajadi, Kecamatan. Tamansari, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Nangka merupakan tempat wisata yang patut dikunjungi di Bogor. Nama Jacquier sendiri berasal dari nama pohon nangka yang terdapat di kawasan objek wisata tersebut. Berada di kaki Gunung Salak, panorama alam yang disuguhkan air terjun ini sungguh mempesona.

Kawasan objek wisata ini memiliki debit air yang kuat dan kelembaban yang tinggi karena curah hujan yang turun sebesar 3.500-5.600 mm/tahun. Letaknya yang berada di antara dua tebing dan dikelilingi hutan pinus membuat air terjun ini tampil menawan.

Air terjun dengan air jernih dan udara segar di sekitarnya menawarkan kedamaian bagi semua yang datang. Banyak hal menarik yang bisa wisatawan temukan di air terjun ini. Di kawasan wisata ini, wisatawan bisa bersantai dan bersenang-senang. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Curug Nangka dan menikmati pemandangan yang disajikannya.

Daya tarik Curug Nangka

Atraksi Air Terjun NangkaKredit Gambar: InstagramBella Calistha

Posisinya yang berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, air terjun ini memiliki daya tarik yang besar bagi semua wisatawan yang mengunjunginya. Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter dan merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Di sekitar ada tebing dan di bagian bawah ada bebatuan.

Selain panorama air terjun yang luar biasa dan keberadaan hutan pinus di sekitarnya, di tempat wisata ini wisatawan dapat menemukan sekumpulan hewan.

1. Air terjun yang indah

Air terjun ini memiliki suasana yang damai dengan aliran air yang naik turun yang indah dan suara gemericik air yang menghantam bebatuan. Udara yang masih segar, suasana yang damai, dan kesejukan akan membuat wisatawan ingin lebih menghabiskan waktu di tempat wisata ini.

2. Panorama sekitarnya yang luar biasa

Lingkungan tempat wisata ini masih terjaga dengan baik. Pepohonan pinus yang hijau dan asri yang mengelilingi kawasan wisata ini akan menyambut para wisatawan yang datang. Selain pinus, ada berbagai tanaman lain yang tumbuh di sini seperti nangka, gadis pemalu, pakis, dll.

Di air terjun ini, wisatawan dapat menemukan berbagai hewan mulai dari monyet ekor panjang, burung sesep madu, hingga kupu-kupu cantik. Ini memberi perasaan menyatu dengan alam.

3. Area perkemahan

Objek wisata ini memiliki posisi yang strategis. Di kawasan ini terdapat area camping yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati panorama alam sekitar. Selain itu, wisatawan dapat melakukan aktivitas Glamping hijau Di mana Perkemahan Green Glamour.

Alamat dan Arah Lokasi Curug Nangka

Alamat Air Terjun NangkaKredit gambar: Twitter bobobox indonesia

Air terjun eksotis ini terletak di Bogor, tepatnya di Sukajadi, Tamansari. Dari kota Bogor di Jawa Barat, waktu tempuh menuju air terjun ini sekitar 1 jam. Akses menuju lokasi objek wisata ini mudah dan kondisi jalan cukup baik. Ada beberapa rute menuju air terjun ini yang bisa dipilih wisatawan. Untuk menuju tempat wisata air terjun ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum,

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor, rute yang ditempuh dimulai dari Mal Bogor (BTM). Kemudian melanjutkan perjalanan mengambil arah Empang Bogor. Kemudian wisatawan dapat mengambil jalan lurus menuju pertigaan Ciapus.

Di pertigaan belok kanan lalu ikuti jalan sampai Anda mencapai Hotel dan Resor Highland Park Bogor. Setelah itu wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur kiri di pertigaan dengan jarak sekitar 700 meter, wisatawan akan sampai di kawasan objek wisata.

Selain itu, ada rute lain dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dan jarak tempuh 13 kilometer. Wisatawan bisa mulai dari Tol Jagorawi, ambil arah kanan menuju Kebun Raya Bogor dan Mal Bogor (BTM). Kemudian ambil jalur menuju Cipus atau Ciomas dan di Pasir Kuda belok kanan menuju Jalan Raya Ciapus

Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum dan berasal dari luar kota, wisatawan dapat menggunakan kereta api atau bus. Jika menggunakan bus tujuan akhir di terminal Baranangsiang sedangkan, bagi yang menggunakan kereta tujuan akhir di stasiun Bogor.

Dari stasiun, jalan kaki ke arah Hat Park sampai ketemu lampu lalu lintas. Kemudian para wisatawan mengambil arah yang benar menuju Mal Bogor (BTM). Wisatawan yang menggunakan bus atau kereta api akan menggunakan transportasi perkotaan dari Mal Bogor (BTM).

Sesampainya disana, untuk menuju hotel dan resort Higland Park Bogor, wisatawan dapat naik angkutan kota 03 dari Mal Bogor (BTM). Selain itu, wisatawan dapat menggunakan ojek atau berjalan kaki untuk mencapai Gerbang Curug Nangka. Jika memilih jalan kaki, waktu tempuhnya kurang lebih 20 menit.

Setelah sampai di Gerbang Curug, wisatawan harus diikuti dengan jarak 100 meter. Wisatawan diikuti melintasi jalan setapak berupa sungai kecil di sebelah kanan dan kiri jalan setapak ini terdapat tanaman yang lebat. Dengan jarak sekitar 3 sampai 4 meter dari satu sisi sungai ke sisi lainnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bogor Nangka

Harga Tiket Air Terjun NangkaKredit Gambar: Google Maps chandra Kirana

Untuk masuk dan menikmati objek wisata Curug Nangka, wisatawan perlu membayar tiket masuk. Biaya masuk ke kawasan wisata ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu saat berkunjung hari dalam seminggu dan akhir pekan.

Bagi wisatawan yang berkunjung hari dalam seminggu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 14.500,- dan akhir pekan dikenakan harga tiket masuk Rp 17.000,-. Selain biaya

Tiket masuk wisatawan akan dikenakan biaya untuk penyimpanan kendaraan.

Bagi wisatawan yang membawa biaya penitipan kendaraan saat hari dalam seminggu Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Bagi wisatawan yang berkunjung ketika akhir pekan akan dikenakan biaya untuk penyimpanan mesin sebesar Rp 7.500,- dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 15.000,-.

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu menikmati alam sambil berkemah di air terjun ini, tersedia area berkemah. Untuk berkemah Kapan hari dalam seminggu sebesar Rp 29.500,- sedangkan biaya saat akhir pekan sebesar Rp 32.000,-.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Nangka

Aktivitas di Air Terjun NangkaKredit gambar: Twitter Pebi Yudha K.

1. Rekreasi dan permainan air

Wisatawan dapat melakukan kegiatan rekreasi dan permainan air sederhana di sekitar Curug Nangka agar wisatawan yang datang tidak bosan.

2. Bersantai dan istirahat

Panorama air terjun yang mempesona dan gemericik air yang menyentuh bebatuan di sekitar air terjun memberikan suasana damai yang sangat cocok bagi pengunjung untuk bersantai dan beristirahat. Selain itu, udara segar dan kondisi lingkungan alam dapat mendorong pengunjung untuk bersantai.

3. Mandi dan berenang

Di kawasan wisata yang dilatarbelakangi air terjun yang jernih ini, wisatawan dapat menikmati aktivitas yang berhubungan dengan air seperti membersihkan dan menyegarkan diri dengan mencuci muka, mandi, merendam kaki, dan berenang. Wisatawan bisa berenang di antara bebatuan di dasar air terjun.

Kedalaman air terjun ini kurang lebih setara dengan betis orang dewasa, sehingga sangat cocok untuk merendam kaki sambil bersantai sambil memandangi keindahan alam sekitar. Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang.

4. Fotografi dan videografi

Atraksi ini memiliki banyak tempat eksotis sehingga bisa dijadikan stand oleh wisatawan yang suka berfoto atau merekam video. Selain itu, seiring waktu, memori akan memudar, cara yang efektif untuk menghidupkan kembali memori dengan foto atau video.

Saat itu, berfoto adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat mengunjungi suatu tempat. Panorama Curug Nangka akan terlihat sangat indah dan mulus jika dijadikan sebagai background untuk mengambil foto atau merekam video, dapat menambah daya tarik sebuah foto atau video.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, di bebatuan di sekitar air terjun dan hutan pinus.

Wisatawan bisa berfoto sendiri, bersama teman, bersama pasangan atau bersama keluarga di objek wisata ini. Foto atau video yang dihasilkan dapat disimpan sebagai koleksi pribadi atau dibagikan di halaman media sosial.

5. Bumi Perkemahan dan Glamping Hijau

Di kawasan objek wisata alam ini terdapat area camping bagi wisatawan untuk berkemah sambil menikmati keindahan alam sekitar. Lokasi Tempat perkemahan dekat sungai. Marah Tempat perkemahan di daerah ini ada Glamping hijau Di mana Perkemahan glamor hijau.

Perkemahan modern, perpaduan alam dan fasilitas yang memadai, menjadi hal yang menarik untuk dicoba wisatawan. Wisatawan akan disuguhi nuansa camping namun mewah. Fasilitas yang tersedia di Green Glamping antara lain listrik, bonus sarapan, toilet seat, dll.

Objek wisata ini sangat ideal bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri dari rutinitas sehari-hari yang padat.

6. Pelacakan

Jika wisatawan tidak puas dengan aktivitasnya diikuti Di air terjun ini, wisatawan bisa menjelajah sambil terus mengikuti dua air terjun yang dekat dengan kawasan ini. Dua air terjun tersebut adalah, Curug Daun dan Curug Kawung. Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas apapun diikuti sendiri untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di Curug Nangka Bogor

Fasilitas air terjun nangkaKredit gambar: Google Maps Laurio Leonard

Obyek wisata Curug Nangka ini dikelola oleh RPH Gunung Bunder, KPH Kab. Bogor dan BKPH Bogor. Bisa dikatakan fasilitas yang tersedia di objek wisata air terjun ini cukup memadai.

Ada banyak tempat yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari makanan berat seperti nasi dan lauk pauk hingga makanan ringan seperti snack. Ada juga tempat yang menjual berbagai jenis minuman.

Ada area camping di area ini. Fasilitas penunjang lain dari objek wisata ini antara lain tempat ibadah berupa mushola, ruang ganti, toilet, kabin kerja, tempat penyimpanan kendaraan, tempat berlindung dll.

Selain itu, ada penjual pakaian dan toko suvenir bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh seperti oleh-oleh atau cinderamata. Tersedianya fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman, aman dan puas selama berada di lokasi objek wisata ini.

Berikut ini beberapa informasi menarik tentang tempat wisata, fasilitas, alamat dan rute perjalanan ke objek wisata Curug Nangka. Jika Anda berada di Bogor, Jawa Barat, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang menawan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button