Wartawan Indonesia menggali potensi desa wisata dan mengajari pemuda di Kertawangi membuat konten kreatif - WisataHits
Jawa Barat

Wartawan Indonesia menggali potensi desa wisata dan mengajari pemuda di Kertawangi membuat konten kreatif

Wartawan Indonesia menggali potensi desa wisata dan mengajari pemuda di Kertawangi membuat konten kreatif

WARTAKOTALIVE.COM, BANDUNG BARAT – Jurnalis Keperawatan Indonesia (JIP) menggelar sesi pelatihan konten kreatif untuk generasi muda di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi desa wisata setempat agar dapat dipromosikan lebih luas di dunia digital

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Kertawangi Yanto Bin Surya, serta belasan remaja Desa Kertawangi dan anggota Pokdarwis Desa Wisata Kertawangi.

Direktur JIP Yohanes Odja menyampaikan pelatihan konten kreatif terdiri dari teori dan praktek.

Pelatihan teori yang berlangsung di Gedung Serba Guna Burangrang tepatnya di samping Kantor Desa ini meliputi konten dasar jurnalistik, teknik rekaman, optimalisasi media sosial dan lain-lain.

Setelah pelatihan teori, para peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok.

Baca Juga: Komunitas Wartawan Indonesia Peduli Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

Masing-masing kelompok didampingi mentor dari anggota JIP kemudian diminta untuk memproduksi konten berupa video di area lapangan yang disponsori oleh Big Farm.

“Kami tidak menyangka, antusiasme anak-anak muda Desa Kertawangi ini luar biasa. Selain pengalaman teori di kelas terkait konten audiovisual dan media sosial, kami juga mengajak seluruh peserta untuk mempraktekkan apa yang telah dijelaskan di kelas,” ujar Odja.

“Jadi metode yang kami tawarkan adalah 30 persen teori di kelas dan 70 persen praktik langsung, tentunya dengan harapan peserta dapat cepat menguasai pembuatan konten,” ujar Odja.

Setelah mendalami dan menyelesaikan tahapan-tahapan pembuatan konten yang dijelaskan oleh Odja, masing-masing mentor mengevaluasi karya peserta.

Ia mengaku takjub saat melihat semua video karya mereka.

Baca Juga: Gali Potensi Desa Wisata, Gemawira Gelar Pelatihan Konten Kreatif Bersama Sandiaga Uno

“Sangat luar biasa dari latihan yang dilakukan dan kami tidak menyangka bahwa konten video yang dibuat oleh para peserta akan sangat bagus seperti yang kami harapkan,” ujar Odja.

“Ini adalah bukti pelatihan yang efektif. Dan saya yakin dengan dukungan bulan depan, kami berharap mereka bisa produktif dan memproduksi konten secara mandiri untuk mempromosikan potensi wisata sehingga desa Kertawangi lebih dikenal masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Kertawangi Yanto Bin Surya bertemu dan menyampaikan apresiasinya atas kehadiran JIP di desanya.

Pria yang akrab disapa Kang Ewon ini berharap pendidikan yang ditawarkan JIP dapat membuat generasi muda lebih melek digital sehingga dapat memaksimalkan potensi desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Atas nama diri saya dan masyarakat Desa Kertawangi, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman jurnalis peduli Indonesia yang menyempatkan waktu untuk memberikan pelatihan konten kreatif,” ujar Kang Ewong.

“Saya berharap pelatihan ini dapat membuat generasi muda desa Kertawangi lebih kreatif dan produktif dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan desa wisata kita. Sehingga Desa Wisata Kertawangi dikenal luas di masyarakat dan perekonomian bisa semakin ramai,” harapnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button