Warga Wadas Dikunjungi Delegasi DPR RI Tinggalkan 3 Tuntutan di Ganjar – Purworejo24.com - WisataHits
Jawa Tengah

Warga Wadas Dikunjungi Delegasi DPR RI Tinggalkan 3 Tuntutan di Ganjar – Purworejo24.com

PURWOREJO, purworejo24.com – Rombongan anggota Komite III DPR RI meninjau kembali warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Kunjungan DPR RI tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja khusus (Kunker).

Dalam kesempatan itu, Komisi III yang hadir antara lain Desmond Junaidi Mahesa, Bimanyoro Wiyono, Muhammad Nasir Djamil, Safaruddin, Supriansa, Santoso, Rudi Mas’ud, Novri, Wihadi Wiyono dan Arsul Sani, serta Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid.

Dalam dialog yang digelar di Gedung Pemkot Wadas, warga mengajukan tiga tuntutan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Salah satu warga, Fuad Rofiq, mengatakan sejumlah warga sebelumnya menentang pembangunan tambang di desanya. Namun, setelah berdiskusi dengan warga lainnya, akhirnya mereka menerima tambang tersebut dengan 3 syarat.

Ketiga syarat itu, kata Fuad, disampaikan secara lisan dan disepakati Ganjar Pranowo. Untuk memperkuat tuntutan tersebut, warga kemudian mengajukan tiga tuntutan tersebut saat berkunjung ke DPR RI di desa mereka.

“Tuntutan pertama kami, penambangan harus dihentikan saat pembangunan Bendungan Bener selesai,” kata Fuad usai dialog, Kamis, 10 November 2022.

Syarat kedua, warga menuntut agar lahan pasca tambang digarap sepenuhnya oleh warga. Warga sudah menyiapkan badan usaha untuk mengelola lahan pasca tambang.

Tuntutan ketiga: Warga meminta Ganjar Pranowo membangun desa Wadas dalam segala aspek. Baik sosial, ekonomi, pembangunan dan lain-lain.

“Secara umum kami minta Pak Ganjar membangun dari segala aspek. Kalau Desa Wadas besok dijadikan desa wisata, kami siap,” kata Fuad.

Desmond Junaidi Mahesa, ketua kelompok Komite III DPR, mengatakan pihaknya datang ke Desa Wadas untuk meninjau rekomendasi tersebut pada kunjungan pertamanya.

Selain itu, Komisi III DPR RI juga mencatat aspirasi warga Wadas sebagai bahan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Kita akan bawa nota (usaha) ini untuk dibahas dengan gubernur, bahkan beberapa nota sudah dibahas dengan gubernur,” kata Desmond. (P24/Bayu)

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button