Warga Ngrogung gotong royong buka jalan darurat ke Danau Ngebel - WisataHits
Jawa Timur

Warga Ngrogung gotong royong buka jalan darurat ke Danau Ngebel

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Ratusan warga 12 RT di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur bergotong royong membuka jalan darurat Minggu (13/11/2022) akibat longsor yang memutus akses utama objek wisata Telaga Ngebel. Pembukaan jalan darurat agar kendaraan roda dua bisa lewat.

“Penantian Pemkab Ponorogo terlalu lama, saudara-saudara, Pemkab tidak tertata dengan baik,” kata Hendra, salah satu pemuda desa setempat, saat gotong royong, Minggu (13/11/2022).

Hari ini menandai ulang tahun pertama bencana longsor yang melanda akses jalan utama menuju lokasi wisata Telaga Ngebel. Warga yang terkena longsor berharap pemerintah daerah Ponorogo segera bertindak untuk membersihkan material longsor tersebut.

“Sayangnya sampai saat ini belum ada tindakan pemerintah seperti membersihkan material yang menutup jalan akibat bencana longsor tersebut,” ujarnya.

Akses ini menjadi sarana penting bagi warga untuk mencari nafkah karena jalan terputus dan warga kebingungan saat mengunjungi pasar, sekolah dan tempat berdagang lainnya.

Terkait inisiatif warga Ngrogung untuk membuka jalan darurat menuju objek wisata Danau Ngebel, saat dikonfirmasi canalindonesia.com melalui ponsel, Kepala Daerah Pekerjaan Umum, Perumahan dan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto mengatakan: “Jadi pada dasarnya siapa pun yang dapat bertindak cepat untuk membuka jalan akses ini baik-baik saja. Lurah juga sudah berkoordinasi kemarin,” katanya.

Jamus Kunto menambahkan, saat Pemkab sedang terdesak waktu, warga bisa langsung berinisiatif.

“Yang kita sepakati kemarin, kalau ada masalah APBD dan Dinas Pekerjaan Umum tidak bisa bertindak cepat, akan ditangani BPBD bersama-sama,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button