Warga Dusun Pakem DCML Tamanmartani Gelar Merti Dusun Umbul Sempol - WisataHits
Yogyakarta

Warga Dusun Pakem DCML Tamanmartani Gelar Merti Dusun Umbul Sempol

YOGYAKARTA, Cendana News – Sejumlah warga Dusun Pakem, Desa Pintar Mandiri Lestari (DCML) Tamanmartani, Kalasan, Sleman menggelar tradisi Merti Dusun Umbul Sempol pada Minggu (23/10/2022).

Tradisi diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari minum air suci, berdoa bersama, karnaval gunung hingga pertunjukan seni budaya.

Acara yang dihadiri ratusan warga ini berlangsung meriah. Diawali dengan menimba air dari tujuh tempayan di mata air Umbul Sempol, warga kemudian salat berjamaah di masjid setempat.

Setelah didoakan, air yang ditampung dalam guci itu dibawa ke kampung oleh warga dengan menggunakan konvoi tentara Bregodo dan gunung dengan berbagai hasil bumi.

Sebagai sorotan, warga warga dusun setempat Objek Wisata, yaitu Taman Sawi Kembang, kemudian melakukan prosesi upacara penyatuan 7 tempayan air, yang kemudian dibagikan kepada seluruh pejabat pemerintah.

Mulai dari ketua RT, ketua RW, Dusun, Lurah, hingga Camat dan Kepala Dinas Pariwisata Sleman yang hadir dalam acara ini.

Sementara itu, gunung-gunung yang diarak juga dilombakan oleh sejumlah warga desa sebagai bagian dari upacara pemberkatan Ngalap. Pada saat yang sama, sejumlah kesenian tradisional seperti tari nick, tari Badui dan jatilan juga dipentaskan untuk memeriahkan suasana.

Kepala Dusun Pakem, Tri Setyastono, 55, mengatakan, tradisi Merti Dusun Umbul Sempol merupakan kegiatan yang baru pertama kali berlangsung.

Tradisi ini tidak hanya sebagai wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga sebagai upaya mendukung eksistensi Desa Tamanmartani sebagai desa wisata sekaligus desa budaya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button