Warga di Kaki Gunung Merapi – Merbabu Pastikan Ketahanan Pangan – KRYOGYA - WisataHits
Yogyakarta

Warga di Kaki Gunung Merapi – Merbabu Pastikan Ketahanan Pangan – KRYOGYA

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tingkat desa, warga di kaki Gunung Merapi Merbabu, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, antusias mengikuti lomba menanam berbagai jenis sayuran. Lomba tersebut untuk menciptakan Kawasan Pangan Lestari (KRPL) di setiap Rukun Tetangga (RT).

Kepala Desa Sidomulyo Sawali mengatakan, lomba ketahanan pangan ini diikuti oleh 37 RT dan masing-masing RT membuat kreasi varietas sayuran. “Kompetisi ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat menjadi desa mandiri pangan. Warga di sini sangat heboh, semua kreasi tanamannya bagus-bagus,” ujarnya, Jumat (26/8/2022).

Dikatakannya, dalam kompetisi ketahanan pangan tingkat RT ini, dirinya akan dinilai dari segi budidaya tanaman. Bagaimana budidaya tanaman ini berkelanjutan.

“Salah satu nilai adalah bagaimana tanaman itu lestari. Jadi tidak cukup hanya bersaing, kami ingin melihat tanamannya seperti apa,” kata Sawali.

Anggaran kompetisi berasal dari kas desa (DD). Dan setiap RT mendapat 1 juta rupiah setelah dipotong pajak. “Ya, dianggarkan oleh DD. Jika spesies tumbuhan dipermasalahkan, semua spesies tumbuhan itu bisa dikonsumsi sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk menekan pengeluaran ibu setiap hari,” ujarnya.

Ditambahkannya untuk menjadi desa mandiri pangan dengan adanya kompetisi ketahanan pangan ini dan dukungan untuk menjadi desa wisata di desa Sidomulyo. “Ya, ini bagian dari desa swasembada pangan dan bertujuan untuk membantu menjadi desa wisata,” ujarnya.

Sawaldi berharap program ini dapat berkelanjutan dan nantinya pemerintah desa akan menyelenggarakan piala bergilir yang menjadi tuan rumah lomba yang sama setiap tahun yaitu KRPL. “Rencana kami kompetisi ini akan terus berlanjut dan desa akan membuatkan piala bergilir agar program KRPL tetap berjalan,” ujarnya.

Sementara itu, Partini (52), salah satu peserta lomba warga Sidomulyo, menuntut agar persaingan ketahanan pangan harus berkelanjutan agar ketahanan pangan dapat terjaga di tingkat RT.

“Sebenarnya bukan hanya lomba, tapi setiap rumah juga dibujuk untuk menanam sayuran. Dengan tanaman sayur, bisa membantu perekonomian keluarga setiap hari,” ujarnya.

Ia mengatakan, hasil dari tanaman sayuran ini nantinya tidak hanya digunakan untuk memasak, tetapi juga sebagai bahan olahan yang bisa dipasarkan ke UMKM. “Dengan begitu, hasil penjualan nantinya bisa masuk ke RT biasa. ya tidak apa-apa Selain tidak membeli sayur, mereka juga bisa membuat olahan yang bisa dijual,” pungkasnya. (R-3)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button