Warga Depok senang melihat Rawa Kalong Situ tidak lagi kumuh - WisataHits
Jawa Barat

Warga Depok senang melihat Rawa Kalong Situ tidak lagi kumuh

depot

Situ Rawa Kalong semakin indah dan baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Wajah baru ini membawa kebahagiaan dan harapan bagi warga Depok.

Situ Rawa Kalong terletak di Desa Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Danau ini baru saja diresmikan oleh Gubernur Ridwan Kamil. Peresmian semakin ramai karena kehadiran Bonge Cs di sana.

Setelah diresmikan, danau ini menjadi tempat wisata bagi warga sekitar. Pada sore hari banyak orang yang bersepeda dan berjalan kaki di tepi danau. Meski akses menuju jembatan terapung masih ditutup, pengunjung yang datang ke danau ini tetap ada.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Setu Rawa KalongAlex, warga sekitar Setu Rawa Kalong Foto: (Syanti/detikcom)

Ternyata wajah baru danau ini membawa keceriaan tersendiri bagi warga sekitar. Dulu, kawasan danau sangat terbengkalai dan berubah menjadi danau yang indah.

“Sebagai warga sekitar, saya senang karena dulu tempat ini terlalu kumuh, tidak terawat, dan semak-semak di mana-mana. Yang kami takutkan adalah ada hewan liar yang nantinya bisa menyerang pemukiman warga. Setelah diresmikan oleh gubernur dan danau ini menjadi tempat yang banyak terdapat permainan anak-anak setiap Sabtu-Minggu pagi dan juga tempat nongkrong anak muda. Karena saya punya hobi memancing, saya merasa lebih nyaman dengan danau yang ada saat ini,” kata Alex, warga setempat yang ditemui detikcom di Situ Rawa Kalong.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok.  Tapi sekarang jembatan atau platform apung terkunci di sana.Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Tapi sekarang jembatan atau platform apung terkunci di sana. Foto: Rengga Sencaya

Alex juga tidak kesulitan mengakses jembatan terapung yang ditutup sejak diresmikan. Dia memikirkan alasan keamanan.

“Sepertinya sekarang sudah tutup, itu mungkin bisa jadi pertimbangan karena tidak ada pengelola khusus yang mengurus nanti kalau lebih dari 30 orang masuk ke sana (jembatan apung) jadi tidak masalah bagi saya, jadi kalau tidak ada manajer itu harus ditutup karena ini untuk alasan keamanan. Ini masalah hidup karena danaunya cukup dalam.

“Maaf bagi yang membawa anak-anak, risikonya lebih tinggi lagi. Jika tidak ada manajer maka ada dua pintu jika seseorang menjaganya dan memastikan bahwa tidak lebih dari 30 orang masuk ke dalamnya. Hanya saja tidak ada yang ditunjuk untuk mengarahkannya,” kata Alex.

Setu Rawa KalongBeberapa warga sedang memancing di Setu Rawa Kalong Foto: (Syanti/detikcom)

Sebagai warga, Alex juga memberikan masukan kepada Pemkot Depok terkait fasilitas laut. Dia menyarankan fitur air dan penyewa di area danau untuk memudahkan wisatawan.

“Misalnya kalau di jembatan ada kapasitas, mungkin bisa ditambah fasilitas yang bisa mengalihkan perhatian warga sekitar, seperti bebek air atau snack bar. Jadi pengunjung tidak perlu jauh-jauh untuk membeli sembako. Jadi kalau bisa ada warung untuk turis. Jadi biar lebih tertata juga,” tambah Alex.

Situ Rawa Kalong dihias dengan anggaran yang cukup besar yakni Rp 21 miliar. Ada gedung hall, floating deck, vertical garden dan fasilitas lainnya di sini.

Saksikan Video Pemilik Tanah Menyesal Cara JNE Mengubur Beras Sejahtera di Depok
[Gambas:Video 20detik]
(sim/ddn)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button