Wapres Ma'ruf Amin sambut kulminasi acara Kepresidenan G20 dan review kesiapan SPKLU PLN - WisataHits
Jawa Tengah

Wapres Ma’ruf Amin sambut kulminasi acara Kepresidenan G20 dan review kesiapan SPKLU PLN

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Dirut PLN Darmawan Prasodjo secara langsung mengumumkan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Nusa Dua, Bali pada Selasa Agustus. 30, 2022, diperiksa.

INILAHKORAN, Bandung – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Dirut PLN Darmawan Prasodjo secara langsung mengumumkan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Nusa Dua, Bali pada Selasa Agustus. 30, 2022, diperiksa.

SPKLU ini diberikan untuk menyambut kulminasi Acara Kepresidenan G20 yang akan berlangsung pada bulan November mendatang. Nantinya, delegasi dari negara-negara G20 akan menggunakan kendaraan listrik. Untuk itu, PLN menyiapkan 70 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 21 unit SPKLU Fast Charging, dan 200 unit Home Charging di Bali.

Kehadiran SPKLU akan menjadi showcase transisi energi Indonesia pada pertemuan G20, khususnya dalam penggelaran kendaraan listrik.

Baca Juga: Sejumlah Pejabat UIN Semarang Akan Dikenakan Sanksi Terkait Suap Dosen

Ma’ruf Amin mengapresiasi langkah PLN memastikan ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik jelang KTT G20. Ma’ruf menjelaskan, ketersediaan SPKLU juga menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik.

“Saya menyaksikan pengisian mobil listrik dan semuanya sangat canggih dan diatur secara otomatis dengan SPKLU PLN melalui PLN Mobile dan dapat diisi dalam 15 menit dan sudah 100 persen penuh,” kata Ma’ruf Amin saat berkunjung.

Menko Luhut menambahkan, penggunaan kendaraan listrik di Indonesia akan meningkat secara masif ke depan. Selain memberikan lingkungan yang bersih, juga bertujuan untuk mengurangi impor energi sehingga Indonesia dapat mencapai kemandirian energi.

Baca Juga: WOW, Eligibilitas Prabowo Posisi Tertinggi di Polling Indometer

“Arah dari Presiden adalah bahwa pada tahun 2030 kita akan beralih ke kendaraan listrik. Oleh karena itu, diharapkan pada tahun 2030 Indonesia mengadopsi kendaraan listrik, khususnya Jakarta, sehingga udaranya bersih untuk kesehatan kita,” ujarnya.

Darmawan menjelaskan, pembangunan SPKLU yang dilakukan PLN menjadi bukti bahwa Indonesia telah mengalami kemajuan pesat dalam transisi energi.

“Ini adalah bukti bahwa Indonesia telah membuat kemajuan pesat dalam transisi energi. Indonesia telah mulai beralih dari energi fosil ke energi hijau yang ramah lingkungan. Ini terjadi secara alami untuk generasi penerus Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: Ini Tanggapan Anies Baswedan Soal Pemecatannya Sebagai Gubernur DKI

Sebanyak 70 SPKLU Ultra Fast Charging tersebar di dua lokasi, yakni 28 unit di Apurva Kempinski Hotel dan 38 unit di ITDC Nusa Dua. PLN juga telah menyiapkan 4 unit SPKLU yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan.

SPKLU Ultra Fast Charging memiliki sejumlah keunggulan. Pengisian penuh mobil listrik berkapasitas lebih dari 80 kilowatt jam (kWh) dapat dilakukan hanya dalam waktu 15-30 menit dari posisi kosong.

Selain itu, SPKLU dengan output 200 kilowatt (kW) ini juga dilengkapi dengan Fitur Simultaneous Charger untuk mengisi daya 2 kendaraan sekaligus.

Baca Juga: Atal: Larang Semua Anggota PWI Hadiri Lembaga VHF Palsu

PLN juga telah menyiapkan 21 stasiun pengisian cepat SPKLU di 15 lokasi di pulau Bali. Kemudian juga akan disediakan 200 unit Home Charging untuk menunjang kegiatan tersebut.

“SPKLU ini tidak hanya melayani 492 mobil listrik yang digunakan oleh delegasi, tetapi juga 124 kendaraan keamanan dan darurat serta 290 motor listrik yang digunakan patroli selama kegiatan KTT G20,” katanya.

Ditambahkannya, kehadiran SPKLU bukan hanya untuk pertemuan G20 saja, tapi nantinya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat. Dengan demikian, Bali merupakan salah satu tujuan wisata di dunia yang memiliki manfaat tambahan berupa udara bersih karena perkembangan kendaraan listrik.

Baca Juga: Balita Meninggal Saat Jatuh dari Rusunawa Lantai 11 di Cakung

“Wisatawan yang datang ke Bali akan merasakan udara bersih karena banyaknya kendaraan listrik yang didukung dengan keberadaan SPKLU PLN,” pungkasnya.***

Penerbit: Donramdhani

Source: www.inilahkoran.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button