Wapres imbau sektor pertanian tahan krisis pangan dan pandemi - WisataHits
Jawa Timur

Wapres imbau sektor pertanian tahan krisis pangan dan pandemi

TEMPO.CO, jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong pertanian menjadi salah satu pilar dalam mengantisipasi krisis ekonomi global yang diperkirakan melanda pada 2023.

“Ternyata pertanian menjadi penopang saat kita menghadapi pandemi dan mendekati krisis pangan,” kata Wakil Presiden Ma’ruf usai berkeliling Alam Peternakan Guler di Desa Kandawati, Rabu, 6 Oktober 2022, Tangerang, Banten.

Menurut Wapres, Indonesia memiliki kekayaan alam yang besar, yang diperlukan sebagai cara untuk terus berinovasi agar produksi pertanian menjadi lebih berlimpah.

“Di Papua Barat ada lebih dari 125 varietas pisang, itu hanya di Papua Barat. Itu artinya kita sangat kaya tetapi terbelakang. Jadi saya berharap itu akan dikembangkan lebih lanjut, tidak boleh ada lahan kosong dan tidak ada pekerjaan yang menganggur” kata Wakil Presiden.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berjanji akan terus mengembangkan inovasi pertanian di seluruh wilayah Indonesia.

Baca: Mentan Ajak Gubernur DIY Genjot Sektor Pertanian

“Wapres selalu berpesan agar tidak hanya di tempat ini tapi juga di sekitar (yang akan dibangun). Kami siap,” kata Syahrul.

Di sisi lain, Menteri Pertanian melaporkan bahwa ketahanan pangan di Indonesia saat ini cukup baik dan diakui dunia.

“The Institute of Rice Research International memberikan penghargaan kepada Presiden untuk ketahanan dan sistem ketahanan pangan Indonesia,” kata Syahrul.

Wapres juga mengapresiasi gagasan untuk menjadikan lahan persawahan seluas 3 hektare menjadi tempat wisata yang menawarkan pemandangan sawah yang menakjubkan, dilengkapi dengan percontohan sistem “pertanian digital” dan rumah kaca untuk edukasi masyarakat, titik selfie, restoran dan kafe. Selain itu, situs ini dilengkapi dengan mushola, toilet, dan tempat parkir yang luas.

Turut hadir mendampingi Wapres dalam peninjauan tersebut adalah Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Promosi Investasi Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

Baca: Menko Airlangga Klaim Hilirisasi Pertanian Berhasil Tingkatkan Nilai Ekspor

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button