Wandik disebut belum maksimal memajukan pendidikan Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Wandik disebut belum maksimal memajukan pendidikan Bogor

RADAR CIBINONG BOGOR, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Ridwan Muhibi mengingatkan Dewan Pendidikan (Wandik) untuk bekerja sama dengan Dewan Pendidikan (Diskdik). Bukannya bersaing, terutama dalam meningkatkan Rata-rata Lama Sekolah (RLS).

“Saya melihat posisi Wandik sebagai lembaga yang terpisah dari Disdik, padahal data yang diakui kejaksaan adalah Disdik bukan Wandik,” kata Ridwan, Jumat (16/12).

Baca Juga: Inisiasi ONE BAG, Strategi Wandik Angkat Rata-rata Sekolah Lama Bogor

Menurutnya, Wandik seharusnya memberi masukan bagaimana mengatasi masalah satuan sekolah seperti RLS. Sedangkan peran Wandik belum terlihat.

Ini menempati satu-satunya peningkatan skor RLS 0,03 poin tahun-ke-tahun pada tahun 2021, yaitu 8,31 poin.

“Nilai RLS kita saat ini 8,34 poin, nilai nasional 8,54. Artinya masih kurang. Kami berharap semua elemen dapat membantu, karena itu bukan hanya tanggung jawab dewan sekolah saja,” kata Ridwan.

Untuk itu, dia merasa penilaian terhadap Wandik perlu dilakukan. Pasalnya, Ridwan merasa belum terlihat menjalankan tugas dan pekerjaannya.

Politisi Golkar itu berharap angka RLS di Kabupaten Bogor mencapai angka standar nasional pada 2023.

Terpisah, Ketua Wandik Kabupaten Bogor Takiyudin Basari mengaku sudah memulai berbagai program bersama Dinas Pendidikan untuk membenahi RLS. Antara lain mendorong para pelaku pariwisata di Sukamakmur untuk mengikuti kegiatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau berburu paket.

Baca juga: Disdik Ancam Sanksi bagi Pemberi Rehabilitasi Sekolah, Ini Alasannya

“Selain itu, kami juga menginisiasi sistem informasi rekam sekolah berbasis digital, database yang akan menjadi acuan kebijakan pendidikan ke depan,” ujarnya.


Reporter: Septi Nulawam

Penerbit : Imam Rahmanto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button