Walikota PJ Batu diberi tugas meringankan warga miskin - WisataHits
Jawa Timur

Walikota PJ Batu diberi tugas meringankan warga miskin

Walikota PJ Batu diberi tugas meringankan warga miskin

Malang, IDN Times – Plt Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengemban tugas cukup berat usai dilantik sepekan lalu. Ia ditugaskan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk mengentaskan kemiskinan di kota wisata ini. Pasalnya, dari 213.046 penduduk di Kota Batu, 3.000 penduduk masih hidup dalam kemiskinan.

“Ada sekitar 3.000 (keluarga miskin). Ya, tentunya semua OPD kita secara bertahap akan menjadi tujuan pemasaran agar kemiskinan di Kota Batu tidak menjadi miskin lagi,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/01/2023).

Aries akan menjadi Pj Wali Kota Batu selama satu tahun hingga 2024. Dia akan menggunakan waktu ini untuk menggerakkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Batu untuk terlibat dalam pengentasan kemiskinan.

“Jadi bukan hanya tugas dinas sosial, tapi juga instansi lain. Semua OPD akan menjadi garda depan kita dalam pengentasan kemiskinan,” tegasnya.

1. Pemetaan di Kota Batu

Walikota PJ Batu diberi tugas untuk meringankan 3.000 warga miskinKorsel di Stone Town Square. (Unsplash/Imanuel Reza Setyo)

Untuk memulai langkah pertama di kota apel ini, Aries akan melakukan pemetaan. Ia akan mendekati berbagai pihak agar program-programnya diterima, termasuk program pengentasan kemiskinan.

“Pada awal 2023, kami akan melakukan pemetaan ekstensif di Kota Batu. Kami membutuhkan dukungan baik dari tokoh masyarakat maupun tokoh agama agar Kota Batu bisa segera bergerak maju. Khususnya sektor pariwisata yang menjadi andalan,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan akan bekerjasama dengan DPRD Kota Batu. “Karena kemarin mau rapat dengan DPRD, ternyata mereka dalam perjalanan dinas,” jelasnya.

Baca Juga: Kisah Menarik di Balik 5 Tempat Bersejarah Kota Batu, Tahukah Anda?

2. Proyek strategis nasional

Walikota PJ Batu diberi tugas untuk meringankan 3.000 warga miskinIlustrasi pejalan kaki di Kota Batu. (hapus percikan/kabut)

Aries pun mendapat instruksi untuk mengabdikan diri pada proyek strategis nasional. Menurutnya, progres proyek ini sudah mencapai 60-70 persen.

“Kita akan terus akselerasi, Insya Allah Maret 2023 akan diresmikan. Gubernur menginstruksikan agar seluruh proyek strategis nasional dan potensi wisata yang menjadi andalan Kota Batu harus ditingkatkan dan diprioritaskan pada tahun 2023. Karena masa jabatan saya, sesuai amanat keputusan menteri adalah satu tahun,” jelasnya.

Proyek ini berfokus pada pengembangan potensi unggulan di Kota Batu. Obyek wisata istimewa di kota ini.

3. Area Prioritas

Walikota PJ Batu diberi tugas untuk meringankan 3.000 warga miskinPenampakan objek wisata paralayang Kota Batu. (unsplash/Kukuh Napati)

Secara khusus, pria berkacamata ini mengatakan bahwa tidak ada wilayah superior di Kota Batu. Menurutnya, setiap kecamatan di Kota Batu memilih keunggulan yang berbeda dari yang lain.

“Kita tidak melihat semua daerah karena seluruh wilayah Kota Batu adalah potensi kita. Kalau per wilayah, berarti kita akan mendikotomikan wilayah tertentu,” jelasnya.

Pemkot Batu akan memberikan pendampingan di setiap kecamatan untuk mengetahui apa kelebihannya, nantinya akan dibantu dalam pembangunan.

“Jadi tiga kecamatan itu menjadi prioritas kami. Tidak ada area yang ditonjolkan,” pungkasnya.

Baca Juga: 5 Penginapan Bergaya Vintage di Kota Batu, Nostalgia Seru!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button