Walikota berharap Magelang 10K akan merevitalisasi pariwisata - WisataHits
Jawa Tengah

Walikota berharap Magelang 10K akan merevitalisasi pariwisata

Melalui kegiatan ini, sektor UMKM dan perekonomian masyarakat juga disikapi dengan banyak peserta dari luar daerah.

MAGELANG (ANTARA) — Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz berharap lomba lari 10K Magelang dapat merevitalisasi sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

“Melalui kegiatan ini, sektor UMKM dan perekonomian masyarakat juga akan diperkuat dengan banyaknya peserta dari luar daerah,” ujarnya di Magelang, Jawa Tengah, Minggu.

Dikatakannya, ke depan, Magelang 10K akan menjadi salah satu kegiatan rutin setiap tahun untuk memberikan wadah bagi para pecinta lari di wilayah Magelang dan Indonesia.

“Semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik karena saya melihat pelaksanaannya cukup profesional dan tidak asal-asalan, dan ini merupakan hal baru karena ini baru pertama kali, semoga terus berlanjut,” ujarnya.

Baca Juga: Rudi Febriade Juara 10km MILO ACTIV Indonesia Race 2022

Ketua Panitia Lomba Lari 10K Magelang yang juga Direktur Eksekutif Ecopark TKL, Arif Taat Ujiyanto mengatakan, total peserta 10K Magelang sebanyak 2.000 orang.

Ia menyebutkan jumlah peserta lomba lari 10 km sebanyak 600 orang dan kategori 5 km 400 orang, kemudian kategori 5 km sebanyak 800 orang dan fun run sebanyak 200 orang.

Arif menuturkan, ada lima pelari nasional dalam kegiatan ini yakni Agus Prayogo sebagai perintis karena jika ikut lomba pasti menang.

Kemudian Elizar Gamashi, Nugroho, Hendrik Nainggolan dan Immanuel Hutasoit menjadi atlet nasional.

Ia menjelaskan rute lari 10km Magelang dimulai dari TKL Ecopark menuju Magelang Square, lalu Badakan, Plengkung, Gunung Tidar, RSUD dan berakhir di TKL Ecopark.

“Bagi yang 5K dari Alun-Alun, langsung menuju TKL Ecopark,” ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek Gelar SangiRun Night Trail lagi di 2022

Sepanjang lintasan, para atlet dihibur dengan pertunjukan kesenian tradisional dari masyarakat sekitar.

“Ada 50 kesenian tradisional yang tampil di sepanjang jalur 10K. Jadi ini bukan sekadar lari biasa, menyatukan olahraga dan pariwisata, Magelang 10 km muncul. Lari 10 Km di Magelang dijamin tidak akan lelah, karena secara tradisional di sepanjang rute akan disuguhkan hiburan artistik, bahkan peserta tidak perlu membawa minuman karena sudah disiapkan di sepanjang rute,” ujarnya.

Reporter: Heru Suyitno
Penerbit: Nusarina Yuliastuti
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button