Wali Kota Sutiaji Minta ASN Bayar Zakat ke Kota Malang - Berita Malang Com - WisataHits
Jawa Timur

Wali Kota Sutiaji Minta ASN Bayar Zakat ke Kota Malang – Berita Malang Com

KABARMALANG.COM – Polres Malang Kota memiliki aplikasi non profit bernama Jogo Malang Presisi.

Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dari aplikasi sebelumnya yaitu Jogo Malang yang dirintis sejak tahun 2015 dan dimulai dengan adanya panic button.

“Kami sedang mengupgrade Jogo Malang Precision dengan konsep integrasi dan kerjasama,” kata Kapolres Malang Kombes Pol. Budi Hermanto, Selasa (8/2/2022).

Kami, lanjut Kapolresta, terintegrasi dan bekerja sama dengan sembilan rumah sakit dan 15 instansi pemerintah.

Kombes Pol Buher, sapaan akrab Kapolres Kota Malang, mencontohkan bagaimana menemukan permasalahan di masyarakat, seperti saat masyarakat membutuhkan rumah sakit, penjemputan ambulans dan pengurusan BPJS Kesehatan.

“Masyarakat dapat memperoleh manfaat dari aplikasi tersebut,” lanjut Büher.

Begitu juga jika terjadi kecelakaan lalu lintas, Satlantas Laka akan bekerjasama dengan Dishub, Rumah Sakit dan Jasa Raharja, kata Buher.

Buher bahkan mengatakan jika aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melaporkan kabel yang tidak sesuai, pohon yang tumbang akan difasilitasi dengan menghubungkan dengan pihak terkait.

“(Dengan aplikasi ini) tidak ada lagi yang bekerja sendiri. Kita tahu kalau mau cepat jalan sendiri, tapi kalau mau jauh ya jalan bareng-bareng,” ujarnya.

Artinya integrasi dan kerjasama dengan 24 instansi akan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Permohonan itu bukan lagi milik Polres Malang, milik Pemkot Malang, milik masyarakat Malang, milik masyarakat Malang,” katanya.

Kedepannya, Buher ingin merencanakan lebih lanjut apakah setiap orang yang memasuki kawasan Kota Malang otomatis akan mendapatkan notifikasi dengan mengunduh aplikasi Jogo Malang Presisi.

Aplikasi ini juga berguna bagi wisatawan untuk mendapatkan informasi tentang pusat kuliner, tempat wisata, tempat ibadah dan ATM.

“Kami bekerja sama dengan PHRI. Selain itu, akan disediakan menu untuk menampilkan 180 titik CCTV milik Biro Komunikasi dan Informatika Kota Malang untuk memantau lalu lintas jalan,” jelasnya.

Ada juga layanan pengaduan masyarakat yang kami kerja sama dengan walikota dan DPRD. Juga jenis aplikasi yang selalu update.

“Sebelumnya saya juga pernah berbagi dandim tentang Desa Pancasila dan Desa Restorative Justice dengan Kajari untuk mencoba mensimulasikan mereka untuk masuk ke Jogo Malang Precision,” jelasnya.

Büher juga mengumumkan bahwa aplikasi ini sudah beroperasi, meski penandatanganan MoU baru dilakukan hari ini.

Ia berharap masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi ini. Selain itu, pemerintah harus dibantu dalam perjalanan menuju smart city. Aplikasi ini dapat diunduh melalui PlayStore dan sedang dalam proses untuk iOS.

“Kami juga meminta 840 staf untuk mendownload dan mengaktifkan GPS agar bisa terpantau di Ngalam Command Center (NCC). Ini salah satu cara untuk mengukur analisis stres kinerja staf,” jelasnya.

Supaya ada yang membutuhkan, nanti kita lihat siapa staf selanjutnya. Masyarakat diharapkan memiliki dua pilihan ketika menemukan masalah, yaitu sebagai reaksi atau tindakan cepat, dan kedua, ada interaksi, komunikasi dua arah.

“Saat ini, sekitar 10 hingga 15 laporan diterima setiap hari,” tambah Büher.

Sementara itu Walikota Malang Drs. H. Sutiaji mengapresiasi inovasi aplikasi Jogo Malang Presisi dan TACS karena akan bermanfaat bagi masyarakat.

“Selamat dan sukses untuk Polres Malang Kota. Mari terus tingkatkan semuanya agar Indonesia tetap hidup,” ujarnya.

“Kota Malang milik kita semua, jadi apapun yang terjadi mari kita sambut. Sehingga kita bisa terus mengevaluasi apa yang kita lakukan saat ini, apa yang sedang digagas,” lanjut Sutiaji.

Ia juga menghimbau kepada seluruh instansi yang terlibat dalam aplikasi ini untuk selalu siap meng-update data guna memberikan informasi terkini kepada masyarakat. (centang/cemara)

Source: kabarmalang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button